Berita

    Kenali Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam

    Tidak hanya membersihkan body luar agar selalu terlihat mengkilap, Anda juga perlu membersihkan interior mobil termasuk bagian dashboard. Dashboard mobil termasuk bagian yang sering Anda lihat termasuk ketika melihat speedometer, untuk itu Anda harus menjaga kebersihannya.

    Lalu, bagaimana cara membersihkan dashboard yang kusam? Berikut ulasannya.

    Tips Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam

            1. Vacum Cleaner

    Pertama Anda bisa membersihkan debu di permukaan dashboard memakai vacum cleaner atau alat penyedot debu. Bersihkan semua kotoran di permukaan termasuk di semua sudut sudut kecil dashboard. 

    Alat ini dapat membersihkan kotoran kecil atau debu yang ada di dashboard, namun untuk kotoran yang membandel akan sulit dibersihkan dengan memakai alat ini.

            2. Tisu Basah

    Ketika debu di dashboard sudah dibersihkan Anda bisa mulai membersihkan permukaan dengan kain microfiber. Jika Anda tidak memiliki kain atau lap bersih Anda bisa memakai tisu bayi atau tisu basah untuk membersihkan dashboard. 

    Tisu ini juga bisa dipakai tidak hanya ketika membersihkan interior mobil, namun bisa Anda pakai untuk pembersihan dashboard secara rutin setiap hari.

            3. Pembersih Interior

    Selain memakai tisu basah, Anda juga bisa memakai pembersih interior khusus atau interior cleaner. Pembersih ini sangat efektif untuk mengangkat noda atau kotoran yang menempel di permukaan dashboard mobil. 

    Cara memakai pembersih ini yaitu dengan menyemprotkan cairan pada seluruh permukaan dashboard kemudian diamkan selama sekitar 15 menit. Kemudian Anda bisa mengelap permukaan yang sudah disemprotkan pembersih memakai kain microfiber atau lap bersih lainnya. 

    Anda bisa mengulangi proses tersebut sampai kotoran di dashboard benar benar menghilang. 

    Untuk membersihkan bagian layar atau kaca di dashboard, Anda perlu membersihkannya dengan alat yang halus seperti kain microfiber untuk mencegah kaca menjadi rusak. Pastikan pula Anda membersihkan permukaan kaca dengan pelan pelan agar kaca tidak tertekan atau tergores.

            4. Kuas atau Sikat

    Nah untuk noda atau kotoran yang membandel atau bagian kecil yang susah dijangkau seperti ventilasi, radio maupun celah lain Anda bisa membersihkannya dengan memakai kuas atau sikat.