Berita

    Kelebihan Mobil Manual yang Membuatnya Tidak Kalah dengan Matic

    Di tengah gempuran banyaknya konsumen yang memilih mobil matic karena alasan praktis. Namun, ternyata mobil manual juga memiliki pasar dan keunggulan di mata masing-masing konsumennya.

    Apa saja keunggulan mobil bertransmisi manual yang tidak dimiliki oleh jenis mobil lainnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

    Kelebihan Mobil Manual dibanding Mobil Jenis Lain

    Jika mobil transmisi otomatis lebih mengutamakan aspek praktis dan banyak digunakan di jalan macet. Maka mobil transmisi manual tetap popular karena berbagai kelebihan yang tidak dapat tergantikan oleh mobil jenis lainnya.

    Simak pembahasan berbagai keunggulan mobil transmisi manual yang keberadaanya masih dicari oleh para konsumen berikut ini:

    • Irit Bahan Bakar

    Keunggulan mobil transmisi manual pertama adalah irit bahan bakar. Hal ini tentu cukup menjadi pertimbangan penting para konsumen ketika memilih mobil jenis ini. Terlebih jika terdapat kondisi semua jenis bahan bakar mengalami kenaikan harga.

    Alasan mobil bertransmisi manual lebih irit bahan bakar adalah karena mesin manual lebih mudah untuk mengatur perputaran mesin. 

    Maka dari itu, jika Anda bertanya mengapa mobil transmisi manual masih popular. Maka jawaban pertama adalah keunggulannya dalam aspek bahan bakar.

    • Kerja Engine Brake Maksimal

    Alasan mengapa mobil transmisi manual masih populer dan dicari adalah kerja engine brake yang lebih unggul. Terlebih lagi jika mobil berada di medan jalan tanjakan atau turunan yang mana membutuhkan kerja mesin yang maksimal.

    Memang, pada faktanya mobil matic punya sistem engine brake. Tetapi, engine brake yang dimiliki mobil transmisi manual lebih unggul karena diatur oleh pengemudi langsung.

    • Mudah Dikendalikan

    Mobil dengan transmisi manual lebih mudah untuk dikendalikan oleh pengemudi yang memiliki kendali penuh. Kemudahan untuk mengerem dan mencegah untuk terjadinya lepas kendali ketika menekan pedal gas terlalu dalam.

    Misal, ketika mengendarai mobil transmisi manual dan Anda tiba-tiba mengerem mendadak maka mesin akan otomatis mati total karena Anda tidak menekan pedal kopling. Sedangkan mobil matic tidak memiliki kendali tersebut.

    • Perawatan Mesin Lebih Terjangkau

    Kelebihan berikutnya adalah perawatan mesin yang lebih terjangkau atau murah. Karena saat servis mesin dilakukan, maka hanya beberapa komponen rusak yang akan diganti. Hal tersebut karena transmisi mobil yang lebih sederhana dibandingkan mobil matic.

    perawatan mesin

    Selain itu, sparepart mobil manual lebih mudah ditemukan dan selalu tersedia. Maka dari itu, Anda tidak perlu bingung ketika mobil mengalami kerusakan komponen tertentu.

    • Akselerasi Mobil Lebih Mudah

    Tahukah Anda jika mengemudi mobil dengan transmisi otomatis, terkadang memiliki akselerasi yang lebih lama pada tarikan pertama. Berbeda dengan mobil bertransmisi manual, yang mana akselerasi lebih mudah dan cepat.

    Anda dapat lebih leluasa untuk mengatur akselerasi kopling dan gas dan respons mesin akan lebih cepat. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari pergantian akselerasi yang kasar dan lemot.

    • Harga yang Lebih Kompetitif

    Kelebihan terakhir adalah dari aspek harga yang mana harga mobil bertransmisi manual lebih kompetitif alias lebih terjangkau. Harga beli mobil jenis ini lebih murah dibandingkan mobil jenis matic.

    Namun kabar baiknya ketika berada di harga jual, mobil transmisi manual lebih statis harganya. Hal ini tentu menguntungkan konsumen yang ingin membeli atau memiliki sebuah mobil.

    Itulah berbagai alasan mengapa mobil manual masih memiliki keunggulan yang membuat konsumen tetap memilih mobil jenis ini. Di tengah banyaknya penggunaan mobil matic, mobil bertransmisi manual masih menjadi primadona.