Berita

    Tips Mengatasi Bunyi Berdecit pada Pintu Mobil

    Selain bisa mengganggu kenyamanan Anda, pintu mobil berdecit juga mengindikasikan adanya masalah pada bagian-bagian pintu mobil. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

    Untungnya, ada beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bunyi berdecit tersebut. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

    4 Penyebab Umum Pintu Mobil Berdecit

    Dari kendala pelumas hingga rusaknya sistem pintu mobil, Anda perlu mengenali penyebabnya dengan pasti sebelum melakukan perbaikan.

    • Pelumasan yang Tidak Memadai

    Ketika pelumas pada engsel pintu atau komponen lainnya habis atau terkikis, gesekan antar bagian ini akan meningkat, sehingga menghasilkan bunyi berdecit yang berisik.

    Performa engsel yang menurun bisa disebabkan oleh perubahan cuaca ekstrem, adanya kotoran dan debu, serta air.

    • Kondisi Karet Pintu Sudah Buruk

    Kondisi karet yang aus, robek, berbentuk pipih, atau mengeras juga dapat menyebabkan pintu mobil berdecit.

    Bunyi akan semakin muncul ketika mobil Anda melaju pada jalan yang berlubang dan rusak. Hal ini karena karet pintu mobil sudah tidak mampu lagi meredam goncangan atau benturan dengan bodi mobil.

    • Kotoran dan Debu

    Penumpukan kotoran, debu, atau serpihan lain pada celah pintu mobil bisa menjadi sumber adanya gesekan yang tidak normal ketika Anda membuka atau menutup pintu mobil.

    • Komponen Pintu yang Kendur atau Aus

    Seiring berjalannya waktu, beberapa komponen pintu mobil pasti menjadi aus. Selain karet dan engsel pintu, ada lagi komponen lain yang menjadi penyebabnya seperti door trim, kaca pintu, talang pintu, dan karet bantal ganjalan.

    Bagaimana Tips Menanganinya?

    Ada 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menangani masalah pintu mobil berdecit. Begini penjelasannya.

    • Periksa dan Lakukan Pelumasan Secara Teratur

    Memeriksa dan melumasi engsel pintu dengan pelumas yang tepat secara teratur dapat membantu mengurangi bunyi berdecit yang berisik. Pastikan Anda membersihkan area sekitar engsel sebelum melumasinya.

    • Bersihkan Celah Pintu Mobil

    Bersihkan celah pintu mobil Anda dari kotoran, debu, atau serpihan lainnya dengan menggunakan kuas atau penghisap debu. Lakukan ini secara rutin untuk mencegah kotoran mengumpul dan menyebabkan bunyi berisik.

    • Ganti Karet yang Aus