Berita

    Simak Fungsi Coating Mobil yang Perlu Diketahui

    Saat ini ada banyak teknik custome untuk mobil untuk mempercantik penampilan. Salah satu yang sedang trend saat ini adalah coating mobil yaitu sebuah proses untuk menambahkan lapisan khusus pada permukaan cat mobil.

    Apa Itu Coating Mobil?

    Coating digunakan untuk menambah lapisan khusus pada cat mobil. Hal ini sudah kami paparkan sebelumnya. Namun tidak hanya itu saja, fungsi coating sebagai pelapis tersebut juga dapat mempercantik penampilan mobil.

    Dengan coating, mobil pun bisa lebih bening, cerah dan juga glossy. Itulah kenapa teknik ini sangat populer di kalangan pecinta otomotif, khususnya mobil.

    Mengenal Proses Coating 

    Coating umumnya dilakukan oleh orang yang sudah terlatih. Karena proses ini tidak bisa dilakukan tanpa latihan atau belajar terlebih dahulu. Berikut proses atau prosedur saat melakukannya:

    • Mempersiapkan permukaan cat yang akan dilapisi seperti menghilangkan debu atau kotoran. Tujuannya agar hasilnya optimal.
    • Mengaplikasikan coating dengan menggunakan beberapa metode seperti roller, dip coating, spray process, atau elektrodeposisi.
    • Proses pengawetan atau curing agar lapisannya keras, melekat secara sempurna dan tangguh.

    Manfaat Coating untuk Mobil

    Teknik coating memiliki banyak manfaat. Itulah kenapa harga coating tergolong mahal. Berikut kami sudah merangkum apa saja manfaat-manfaatnya.

            1. Cat Menjadi Kuat dan Tahan Lama

    Manfaat pertama yang bisa dirasakan yaitu mampu mencegah dan juga menjaga cat agar warnanya tidak memudar. Selain itu juga dapat melindungi cat dari paparan sinar ultraviolet.

            2. Cat Mobil Menjadi Lebih Kuat

    Cat yang sudah dilapisi akan memiliki daya tahan lebih kuat terhadap goresan. Jadi selain tidak mudah pudar, juga kuat dari segi goresan.

            3. Daya Tahan Terhadap Air dan Jamur

    Cat mobil pun menjadi kuat terhadap air dan jamur yang bisa mengikis warnanya. Hal ini dikarenakan proses tersebut biasanya menggunakan water repellent effect.

            4. Mobil Berkilau Lebih Lama

    Manfaat terakhir dari teknik ini yaitu bertujuan agar kilap mobil bertahan lebih lama. Alhasil mobil pun akan tampak seperti baru.

    Jenis Coating untuk Mobil