Berita

    Waspada! Ini Cara Mencegah Karat pada Bagian Mobil

    Mobil terbuat dari berbagai komponen berbahan logam yang sangat rawan berkarat apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Permasalahan mobil berkarat bisa saja terjadi terutama jika usia kendaraan tersebut sudah tua dan telah dipakai selama bertahun-tahun.

    Mengapa mobil menjadi berkarat memang ada beberapa penyebab akibatnya. Secara umum, karat pada logam bisa timbul akibat kotoran, debu, dan air yang menempel pada permukaan dalam waktu lama.

    Munculnya karat pada mobil bisa menyebar dan merusak komponen kendaraan lainnya lebih parah. Maka dari itu, perlu dilakukan pencegahan untuk menghindari munculnya karat pada bagian mobil.

    5 Cara Mencegah Mobil Berkarat

    Mobil yang dibiarkan berkarat akan membuat proses perbaikan semakin sulit. Oleh sebab itu, perlu antisipasi dari sekarang untuk mencegah karat pada bagian mobil.

    • Cuci Mobil dengan Rutin

    Mencuci mobil adalah cara paling dasar untuk mencegah timbulnya karat pada bagian mesin dan komponen lainnya. Sebab, karat bisa timbul akibat debu, kotoran, pasir, dan lainnya yang bisa merusak lapisan pelindung kendaraan.

    Mencuci mobil merupakan bentuk pencegahan proses korosi. Asalkan, cara mencuci mobilnya juga dilakukan dengan tepat seperti pemilihan shampoo atau penggunaan sikat dan lap agar tidak merusak lapisan mesin mobil.

    • Beri Pelumas pada Bagian Tertentu

    Pelumas memang sangat penting untuk menjaga performa mesin mobil tetap optimal. Tidak hanya itu saja, komponen ini juga dapat mencegah timbulnya karat pada bagian-bagian mobil tertentu.

    Misalnya memberikan sedikit pelumas pada bagian kap mesin, kunci, engsel pintu, dan lain-lain. 

    Penting juga untuk mengaplikasikan pelumas ke area yang sulit dijangkau, seperti bawah kap mesin atau panel bodi juga diperlukan untuk mencegah berkembangnya karat.

    • Lakukan Body Repair

    Segera lakukan body repair jika terdapat goresan atau kerusakan cat untuk mencegah karat mobil lebih parah. Seperti yang diketahui, goresan car ini memungkinkan air masuk ke dalam lapisan logam dan menyebabkan mobil berkarat.

    Body repair bisa dilakukan dengan menggunakan cat retouch atau clear coat untuk melindungi permukaan logam dari korosi. Pencegatan ulang pastinya sangat diperlukan jika kerusakan pada lapisan cat tersebut cukup besar.

    • Gunakan Anti Karat