Berita

    Pentingnya Merawat Kaca Mobil

    Merawat kaca mobil dengan baik tidak hanya akan membuat mobil Anda terlihat lebih bersih dan indah. Tetapi juga meningkatkan keselamatan berkendara karena visibilitas yang lebih baik.

    Sayangnya masih banyak yang meremehkan perawatan pada kaca kendaraaan ini. Padahal untuk menjaga dan merawatnya cukup mudah lho. Anda bisa melakukan sendiri tanpa sering-sering meminta bantuan mekanik.

    Tips Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Kinclong

    Salah satu manfaat merawat kaca kendaraan adalah agar penglihatan Anda tidak terganggu saat berkendara. Apabila kaca buram, maka tentu saja bisa mempengaruhi visibilitas. Baik pada jarang pandang depan, maupun belakang dan samping (spion mobil).

    Untuk itu, perawatan yang tepat dapat membantu Anda untuk mengatasi hal ini. Apa saja perawatannya?

    • Hindari Sinar Matahari Langsung

    Parkirkan mobil Anda di tempat yang teduh atau bisa juga dengan menggunakan penutup kaca untuk menghindari paparan sinar matahari langsung. Sebab, suhu tinggi dan sinar matahari dapat menyebabkan noda atau bintik-bintik pada kaca.

    Maka dari itu, usahakan untuk memarkir kendaraan pada tempat yang tepat. Pastikan juga Anda memiliki garasi untuk melindungi mobil Anda di rumah ya.

    • Hindari Goresan pada Kaca

    Goresan pada kaca kendaraan Anda tentu membutuhkan perawatan yang tidak sedikit. Maka dari itu hindari adanya goresan pada mobil Anda. Salah satu caranya dengan melapisi kaca film. 

    Hal ini cukup efektif supaya goresan tidak langsung mengenai kaca. Selain itu dalam memasukkan benda atau membersihkan kaca, Anda harus berhati-hati. Supaya tidak ada bagian yang tergores pada kaca kendaraan Anda. 

    • Rutin Membersihkan Kaca Mobil

    Bersihkan kaca kendaraan secara rutin, terutama jika terlihat kotor atau kotoran menempel. Hindari menunda pembersihan karena noda yang menempel terlalu lama bisa sulit dihilangkan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat membersihan kaca. 

    Jika ada noda yang membandel, hindari menggaruk atau menggosok kaca dengan keras. Gunakan pembersih kaca yang direkomendasikan atau coba metode pembersihan yang lebih lembut terlebih dahulu.

    Pexels
    • Gunakan Peralatan Pembersihan yang Tepat

    Beberapa peralatan pembersihan yang dimaksud adalah kain microfiber hingga sabun. Gunakan kain microfiber yang lembut dan bersih. Kain ini dapat mengangkat kotoran dan debu tanpa meninggalkan goresan pada kaca.