Berita

    Suka Parkir Sembarangan? Ini Bahayanya

    Ada banyak sekali risiko bahaya parkir mobil sembarangan yang wajib Anda waspadai. Bagaimanapun juga menjaga ketertiban parkir mobil memang sangatlah penting demi kebaikan diri sendiri dan orang lain. 

    Jika Anda berkendara ke suatu tempat menggunakan mobil, pastikan untuk memilih area parkir yang tepat. Sebagian orang menganggap masalah parkir ini sebagai sesuatu yang sepele padahal bisa berdampak fatal. 

    Bahaya Parkir Mobil Sembarangan

    Saat ini masih banyak pengendara yang kurang memperhatikan pilihan tempat parkir mereka. Bahkan tidak sedikit yang parkir mobil sembarangan terutama di pinggir jalan saat ramai dan di area perumahan. 

    Sebagai pengingat, Anda sebaiknya tahu bahwa parkir mobil tidak di tempat semestinya bisa memberi dampak bahaya. Berikut adalah beberapa risiko bahaya yang akan terjadi jika Anda parkir mobil sembarangan:

    • Keamanan Mobil Tidak Terjamin

    Saat Anda memarkir mobil secara sembarangan maka keamanan mobil Anda tidak akan terjamin. Lain halnya jika mobil ditempatkan di area parkir yang memang sudah tersedia dan ada penjaganya. 

    risiko kejahatanFreepik.com

    Kebiasaan memarkir mobil secara liar akan memberi kesempatan kepada para pelaku tindak kejahatan. Mereka bisa lebih bebas membobol isi mobil Anda karena memang tidak ada sistem keamanan yang berlaku di area tersebut. 

    • Risiko Kerusakan pada Mobil

    Selain risiko keamanan, Anda juga harus menanggung risiko kerusakan mobil apabila diparkir secara asal-asalan. Parkir sembarangan bisa membuat mobil Anda rusak mulai dari lecet ringan hingga ban kempes. 

    Beberapa lingkungan sudah menerapkan sanksi khusus bagi mobil-mobil yang parkir sembarangan. Biasanya ban mobil akan dikempeskan secara paksa agar pemilik mobil tidak mengulangi kesalahan parkir yang sama. 

    Selain itu parkir asal-asalan juga meningkatkan ancaman kerusakan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja anak-anak yang usil meninggalkan goresan di badan mobil Anda. 

    • Merusak Estetika dan Ketertiban

    Tentunya parkir mobil sembarangan akan mengurangi nilai estetika. Misalnya saja di kawasan perumahan yang sudah jelas-jelas ada aturan tidak boleh parkir di badan jalan. 

    Kawasan perumahan yang seharusnya indah dan tertib jadi terganggu karena ada mobil-mobil parkir sembarangan. Hal ini juga berlaku di tempat-tempat lain yang melarang parkir mobil di badan jalan. 

    • Mengganggu Kenyamanan Pengendara Lain

    Risiko bahaya parkir mobil sembarangan ternyata tidak hanya merugikan diri Anda sendiri tetapi juga orang lain. Orang lain yang menggunakan jalan bisa ikut terganggu karena ada kendaraan mobil yang terparkir tidak pada tempatnya. 

    Bahkan mobil-mobil yang parkir sembarangan pada situasi tertentu bisa memicu terjadinya kecelakaan. Hal ini tentu akan merugikan diri Anda sendiri dan membahayakan keselamatan pengemudi yang lain. 

    • Sanksi dari Polisi Lalu Lintas

    Parkir sembarangan juga bisa membuat Anda mendapat sanksi dari polisi lalu lintas. Area parkir kendaraan memang sudah diatur secara khusus dan pengemudi yang melanggar aturan tersebut bisa dikenai sanksi.

    Biasanya Anda akan mendapatkan surat tilang dari polisi lalu lintas apabila tidak parkir di tempat yang semestinya. Bahkan tidak jarang mobil yang parkir sembarangan akan diderek dan ditertibkan secara paksa. 

    Sebaiknya temukan tempat parkir yang tepat jika Anda sedang bepergian. Usahakan untuk selalu mengikuti peraturan area parkir dan tidak sembarangan memarkir mobil Anda di tempat-tempat yang berbahaya.