Berita

    6 Tips Membuat Garasi Mobil Sederhana di Rumah

    Setiap pemilik mobil sangat penting sekali untuk membuat garasi mobil di rumah. Garasi tidak hanya berfungsi untuk memarkirkan mobil saja, namun garasi juga diperlukan untuk menjaga keamanan dan melindungi mobil dari panas matahari dan hujan. 

    Membuat garasi tidak harus luas dan mewah, yuk simak tips membuat garasi mobil sederhana berikut ini. 

            1. Pilihlah Lokasi Garasi

    Dalam menentukan tata letak garasi, Anda bisa memilih garasi yang menempel dengan rumah atau garasi yang terpisah dari rumah Anda. Garasi yang terhubung dengan rumah akan memudahkan Anda dalam menghubungkan saluran listrik lampu dan Anda juga akan memiliki ruang lebih untuk meletakkan barang.

    Namun garasi yang terhubung dengan rumah juga akan membuat Anda kesulitan menentukan desain sebab bentuk garasi perlu menyesuaikan bentuk rumah Anda. Jika Anda ingin membuat garasi yang luas dan bisa untuk ruang kerja Anda bisa memilih garasi terpisah. 

            2. Luas Garasi

    Luas garasi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai garasi terlalu luas atau terlalu sempit. Luas garasi yang terlalu sempit tentu mobil akan sulit untuk keluar masuk.

    Ukuran minimal yang disarankan untuk garasi 1 mobil adalah sekitar 12 x 24 meter, ukuran tersebut bisa diperluas jika Anda memiliki dua mobil. Jika Anda tidak memiliki banyak lahan sesuaikan luas garasi dengan ukuran mobil yang Anda miliki. 

            3. Tentukan Desain Garasi

    Selanjutnya yaitu tentukan desain garasi mobil yang ingin Anda buat mulai dari warna cat tembok, bentuk atap, bentuk tempat parkir dan letak pintu. Ketika menentukan akses jalan masuk mobil pastikan mobil dapat mundur dan maju secara leluasa.

    Jika Anda ingin membuat garasi kecil, Anda bisa menggunakan desain lemari garasi dengan ukuran garasi pas mobil dan pemberian kabinet garasi. Anda juga bisa mendesain eksterior garasi sesuai dengan desain rumah Anda. 

            4. Pilih Material yang Kuat

    Selanjutnya yaitu pemilihan material bangunan yang bagus. Anda perlu memastikan bahwa bangunan garasi memakai beton. Untuk bahan lantai Anda bisa memilih bahan granit yang tidak licin. 

    Untuk pemilihan bahan lantai pastikan material yang dipilih tidak licin. Sebab lantai licin dapat berbahaya ketika Anda menjalankan mobil ke dalam atau ketika mengeluarkan mobil dari garasi.