Berita

    Mengenal Bagian-Bagian Penting di Bawah Mobil

    Komponen bagian bawah mobil jadi aspek paling krusial yang dapat mempengaruhi performa kendaraan. Meskipun begitu, masih ada banyak pemilik kendaraan roda empat yang mengabaikan dan enggan memperhatikannya. 

    Lantas, apa saja komponen-komponen tersebut? Maka sebaiknya jangan lewatkan informasinya dalam pembahasan berikut!

    Kenali Komponen Penting Bagian Bawah Mobil

    Selain komponen bagian atas, terdapat pula komponen di sisi bawah mobil. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

    • Shockbreaker

    Komponen shockbreaker berperan untuk meredam getaran yang biasanya timbul akibat adanya gesekan antara roda dengan permukaan jalan. 

    Apabila performa suspensi mesin optimal, maka dampak getaran yang terasa di sisi pengemudi dan penumpang dapat dikurangi secara signifikan agar tidak begitu terasa. 

    • Suspensi

    Ketika melewati jalanan yang berlubang, agar kestabilan mobil tetap terjaga dan tidak goyah, maka dibutuhkan suspensi mobil agar akselerasinya bisa maksimal. 

    Untuk kendaraan tua, suspensinya akan mengalami keausan secara perlahan dan bisa membuat mobil bergoyang saat melewati jalanan yang berlubang. Jadi, penting agar selalu dirawat bagian suspensi ini!

     

    suspensi mobil

    • Bushing Arm

    Komponen bagian bawah mobil yang bertugas untuk meredam getaran, menjadi titik tumpu roda disebut bushing arm. Bila komponen ini sudah mulai aus, keseimbangan mobil akan terganggu. 

    Agar itu tidak terjadi, Anda bisa mendeteksi kerusakannya sejak dini dengan cara mengamati arah dari kecepatan kendaraan. Bila mobil cenderung mengarah ke kanan/kiri, artinya ada masalah dengan bushing arm

    • Sistem Rem

    Komponen rem berperan untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. Bila ada masalah dengan salah satu komponen dalam sistem rem, itu bisa membahayakan dan bisa mengakibatkan kecelakaan. 

    Untuk itulah, sangat penting agar memeriksa seluruh komponen sistem rem secara berkala, terutama sebelum bepergian jauh. 

    • Bearing

    Bantalan roda atau bearing berperan untuk mempengaruhi arah perputaran roda serta menjaga kestabilan kendaraan. 

    Ketika komponen ini rusak, secara otomatis roda tidak akan bisa berputar secara maksimal. Biasanya, akan terdengar suara bising dari bearing jika sudah mulai aus dan harus segera diganti. 

    • Velg dan Ban

    Tanpa adanya velg dan ban, mobil tidak akan pernah bisa bergerak. Komponen bagian bawah mobil ini sangat penting untuk diperhatikan. Velg dan ban berperan untuk menjaga kestabilan kendaraan serta menopang bobotnya.

    Secara umum, ban dibagi menjadi ban dalam dan ban luar. Namun, kini sudah ada ban tubeless yang tidak membutuhkan lapisan dalam sehingga akan lebih awet. 

    Komponen ban memiliki gerigi untuk mengantisipasi terjadinya selip, terutama saat jalanan licin. Maka, ketika kondisi ban sudah mulai halus permukaannya, segera ganti agar keselamatan tetap terjaga. 

    • Knalpot 

    Bagian penting di komponen bawah mobil adalah knalpot. Tanpa ini, hasil pembakaran dari mesin kendaraan tidak akan terbuang dan justru itu akan membahayakan keselamatan penumpang. 

    Knalpot memiliki pipa yang digunakan untuk saluran pembuangan dan mencegah agar gas berbahaya tidak bisa masuk ke dalam mobil. Di dalam knalpot, terdapat komponen penting pendukung yaitu klem, pipa, sensor, dan gantungan. 

    • Ball Joint

    Bertugas untuk mengikat dan menyambungkan lower arm, ball joint pun berfungsi untuk mempertahankan agar posisi as roda tetap stabil ketika berbelok. 

    Ketika Anda mendengar gesekan dari ban, segera ganti yang baru. Bisa jadi ball joint sudah mulai aus dan bisa membahayakan penumpang. 

    Meskipun setiap komponen bagian bawah mobil memiliki peran masing-masing, akan tetapi semuanya saling terhubung dan sangat penting untuk diperhatikan. 

    Satu saja mengalami masalah, maka keseimbangan kendaraan akan hilang. Lebih parah lagi, bisa membahayakan keselamatan penumpang. 

    Oleh karena itu, Anda harus rajin melakukan pengecekan dan perbaikan mobil kesayangan di bengkel Suzuki. Jadi, Anda bisa mengetahui lebih dini ketika ada masalah pada salah satu komponen, dan dapat segera memperbaikinya.