Berita

    Ketahui Cara Memasang Aki Mobil Yang Benar

    Memasang aki mobil harus dilakukan dengan cara yang benar. Akumulator atau aki merupakan salah satu komponen sumber listrik pada mobil yang memiliki fungsi untuk menyimpan daya listrik sebelum disalurkan kepada komponen-komponen mobil lainnya. 

    Dengan fungsi pentingnya tersebut, aki perlu secara rutin untuk diperiksa dan dilakukan penggantian secara berkala. Sebab apabila terdapat masalah pada aki, hal tersebut dapat membuat performa mobil terganggu.

    Kendala pada mobil yang bisa saja terjadi ketika terdapat masalah pada aki yaitu mulai dari AC yang tidak berfungsi secara maksimal hingga kinerja mesin mobil yang tidak stabil. Ketika mulai mengganggu performa mobil, Anda sebaiknya dengan segera mengganti aki.

    Artikel ini akan membahas tentang cara-cara pemasangan aki mobil yang benar ketika hendak mengganti aki. Simak pembahasan lengkapnya pada poin berikut.

    Cara Memasang Aki Mobil

    Aki mobil umumnya memiliki masa pakai dengan rentang 2 tahun hingga 5 tahun sebelum performanya turun dan mengharuskan untuk diganti. 

    Faktor-faktor yang mempengaruhi lamanya usia pakai aki ini beragam. Seperti misalnya kualitas dari aki tersebut sendiri, intensitas dari penggunaan mobil, medan jalan yang dilalui mobil, hingga cuaca dan suhu saat mobil digunakan.

    Berikut-cara atau langkah memasang aki yang bisa Anda ikuti saat melakukan pergantian aki mobil.

    • Melepas Aki Lama yang Sudah Soak

    Tentunya sebelum memasang aki yang baru Anda perlu melepas aki lama terlebih dahulu. Dalam proses pelepasan aki lama pada mobil, yang perlu diperhatikan yaitu kondisi mesin mobil harus dalam keadaan mati. 

    Mematikan mesin mobil dilakukan agar tidak terdapatnya aliran arus listrik saat proses ini berlangsung.

    Cara melepas aki lama mobil bisa diawali dengan melepas komponen aki bagian kabel, baut, dan klem dari kutub sisi negatif terlebih dahulu. 

    Setelah komponen sisi negatif tersebut dilepas, Anda bisa melanjutkannya pada bagian kutub positif. Hal ini dilakukan dengan alasan agar tidak mengakibatkan korsleting akibat hubungan arus pendek.

    Setelah bagian kabel hingga klem terlepas, Anda bisa mengangkat aki lama tersebut. Angkat aki dengan posisi tegak lurus untuk menghindari cairan yang ada di dalam aki tumpah.

    • Membersihkan Komponen yang Terdapat Karat

    Setelah aki lama berhasil diangkat keluar, Anda bisa melihat apakah terdapat karat yang menempel pada komponen baik pada kabel maupun klem. Apabila ada, Anda bisa membersihkan karat tersebut dengan cara menggosoknya.