Berita

    Makin Keren! Tips Memilihnya Jenis Jok Mobil

    Sarung stir mobil tidak hanya sebagai aksesoris untuk mempercantik kemudi, tapi juga berguna agar lebih nyaman saat digenggam dan tidak licin. Itu sebabnya, Anda harus bisa memilih jenis sarung stir dengan tepat.

    Sebenarnya, apa saja manfaat dari menggunakan sarung atau cover stir dan bagaimana cara memilihnya? Ikuti informasinya!

    Cara Memilih Sarung Stir Mobil yang Cocok 

    stir yang tidak menggunakan sarung akan terasa tipis dan sulit untuk digenggam. Apalagi jika tangan mudah berkeringat, maka stir ini akan menjadi lebih licin. 

    Namun, semua itu bisa diatasi jika pada bagian stir dilapisi dengan sarung atau cover. Berikut cara memilih sarung stir yang tepat untuk mobil Anda:

    • Pertimbangkan Bahan Material

    Sebelum membeli, sebaiknya pertimbangkan bahan material apa yang paling tepat untuk sarung stir mobil. Anda bisa memilih apakah menggunakan cover stir yang terbuat dari bahan kulit atau sintetis. 

    bahan sarung stir mobil

    Pastikan pemilihan bahan material tersebut sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, dan budget. Selain itu, pertimbangkan pula faktor ketebalan dan kualitas jahitan pada sarung stir yang bisa memberikan perlindungan secara maksimal.                           

    • Pilih Sesuai Ukuran stir 

    Anda juga perlu memperhatikan ukuran cover stir yang akan dibeli. Terdapat dua ukuran sarung stir di pasaran yaitu ukuran S dengan diameter 36037 cm dan ukuran M dengan diameter 38-39 cm.

    Pilihlah ukuran yang benar-benar pas untuk kemudi mobil Anda. Cover stir yang terlalu longgar akan membuat pengemudi terganggu. Selain itu, stir pun akan terasa kurang nyaman saat digenggam. 

    Sedangkan apabila ukurannya terlalu ketat akan sulit untuk dipasang, dan bahkan berpeluang merusak kemudi. Untuk itu, pastikan Anda mengukur diameter dan lingkar stir mobil dengan cermat sebelum membeli yang baru.   

    • Pilih Sesuai Gaya Interior

    Pemilihan sarung stir mobil yang tepat tidak hanya bisa meningkatkan kenyamanan tapi juga akan membuat tampilan interior mobil terlihat semakin keren. Terdapat tiga pilihan desain yang bisa jadi pertimbangan Anda, yaitu: 

    • Desain Simpel

    Alternatif pertama adalah desain sarung stir yang simpel. Desain pertama ini akan memberikan nuansa kalem atau tidak mencolok sehingga bisa menyatu dengan stir aslinya. 

    Misalnya, cover satu warna hitam dengan desain simpel akan cocok jika dipasangkan pada mobil mewah atau mobil dengan tipe sedan. 

    • Desain Lucu

    Alternatif kedua adalah desain yang unik dan lucu, akan cocok jika dipasangkan pada stir mobil keluarga. 

    • Desain Braided

    Desain yang terakhir ini mampu memberikan kesan yang mewah pada interior mobil. Umumnya, sarung stir ini terbuat dari bahan kulit yang berkualitas tinggi serta jahitan yang akan mempertegas kesan stylish

    Manfaat Menggunakan Sarung Stir untuk Mobil

    Ternyata, masih banyak pengemudi yang tidak menganggap sarung stir sebagai hal yang penting. Pasalnya, sebagian besar mobil keluaran terbaru telah dibekali dengan lingkar stir yang nyaman. Padahal, ada fungsi lain dari aksesoris ini, yaitu: 

    • Menyerap Keringat

    Dengan adanya sarung stir akan menyerap keringat sehingga menjaga tangan pengemudi tetap kering dan tidak mudah tergelincir.

    • Peningkatan Grip dan Kontrol

    Dengan menggunakan sarung stir akan meningkatkan grip dan kontrol, sangat berguna saat berada di jalanan yang licin atau saat akan melakukan manuver cepat. 

    • Melindungi stir

    Penggunaan sarung stir juga akan memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya kerusakan, seperti warna menjadi pudar, tergores, retak, atau mengelupas. Selain itu, aksesoris ini juga membuat stir terlindung dari sengatan panas matahari. 

    • Pencegahan Alergi

    Bagi sebagian pengemudi ada bahan tertentu seperti lateks yang bisa menimbulkan alergi. Namun dengan penggunaan sarung stir akan mencegah kontak langsung sehingga terhindar dari reaksi alergi saat berkendara.