Berita

    Liburan Tahun Baru? Hemat Pengeluaran dengan Tips Berikut!

    Momen liburan tahun baru memang harus dimanfaatkan secara optimal. Namun Anda juga perlu berhati-hati dan menerapkan tips liburan yang menguntungkan. Salah satunya tips untuk menghemat pengeluaran bensin selama berlibur. 

    Hal ini sangatlah penting bagi Anda yang pergi liburan menggunakan mobil pribadi. Jangan sampai Anda terlalu boros pengeluaran untuk membeli bensin. Mari cari tahu apa saja yang perlu dilakukan agar hal seperti ini tidak terjadi. 

    Tips Liburan Hemat Bensin

    Pergi berlibur dengan kendaraan pribadi memang jauh lebih praktis. Anda bisa bebas pergi kemana saja dan fleksibel dari segi waktu. Namun konsekuensinya adalah Anda harus menanggung biaya bensin yang bisa jadi tidak sedikit. 

    Tapi tenang, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar biaya bensin ini tidak membengkak. Berikut tips-tips efektif untuk menghemat pengeluaran bensin saat liburan:

    • Rencanakan Perjalanan Sebaik Mungkin

    Tips pertama, buatlah rencana perjalanan sebaik dan sedetail mungkin. Ini penting untuk meningkatkan efisiensi perjalanan Anda. 

    Tanpa adanya rencana yang jelas, bisa jadi Anda akan lebih banyak berputar-putar menggunakan mobil. 

    Lain halnya jika Anda sudah memiliki rencana perjalanan yang jelas dan rinci. Anda tahu kemana tujuan yang pasti dan tidak perlu banyak berputar-putar. Ini akan membuat perjalanan dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. 

    • Pastikan Tekanan Udara Ban Sudah Tepat

    Tips berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memastikan tekanan udara ban sudah tepat. Tekanan ban ini ternyata memberi pengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar. 

    tekanan udara ban

    Sebaiknya periksa dulu tekanan ban sebelum mulai berkendara. Jika tekanan udara pada ban kurang maka beban akan semakin berat dan konsumsi bahan bakar juga akan semakin banyak. 

    • Kemudikan Mobil dengan Kecepatan Konstan

    Pastikan Anda mengemudi mobil dengan kecepatan yang konstan untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Bagaimanapun juga gaya mengemudi akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar mobil Anda. 

    Usahakan untuk tidak berhenti secara mendadak dan buka gas secara perlahan saja. Selain bisa menghemat bahan bakar, cara mengemudi seperti ini juga jauh lebih aman bagi Anda selama di perjalanan. 

    • Minimalkan Beban Kendaraan

    Tips liburan hemat bensin berikutnya adalah meminimalkan beban kendaraan. Sebaiknya beban mobil tidak melebihi kapasitas dan jauh lebih baik jika diminimalkan sebisa mungkin. 

    Konsumsi bahan bakar bisa saja 1-2% lebih boros apabila bebannya terlalu besar. Anda sebaiknya memikirkan baik-baik barang apa saja yang harus dibawa agar mobil tidak kelebihan muatan. 

    • Gunakan AC Mobil secara Bijak

    Anda juga perlu memakai AC mobil secara bijak. Penggunaan AC mobil ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Jika ingin menghemat bahan bakar maka jangan sembarangan menyalakan AC. 

    Apabila cuaca di luar tidak terlalu panas maka Anda tidak perlu menyalakan AC di suhu yang paling dingin. Bahkan Anda bisa sesekali mematikan AC mobil jika memang suhu udara di luar tidak panas. 

    • Lakukan Pemeriksaan sebelum Berangkat

    Tips liburan berikutnya, tentu saja Anda harus melakukan pemeriksaan mobil secara menyeluruh sebelum berangkat. 

    Hal ini sangat penting untuk memastikan keselamatan selama berkendara dan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. 

    Kerusakan pada beberapa komponen mobil bisa saja membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Hal ini akan bertambah parah jika Anda tidak menyadarinya dan membawa mobil bepergian jarak jauh.