Berita

    Ketahui Cara Membaca Dipstick Oli Mobil yang Benar

    Agar bisa bertahan lama, mesin harus selalu mempunyai tingkatan oli yang tepat. Untuk mengetahui level oli, Anda bisa mengukur menggunakan dipstick oli mobil. Untuk tata cara membacanya, akan dibahas dalam ulasan ini. 

    Ketika Anda mengemudi, oli akan terus dikonsumsi oleh kendaraan. Levelnya akan terus turun ketika mobil semakin sering digunakan. Akibatnya, gesekan antar komponen pun akan terjadi dan mesin bisa lebih cepat mengalami aus. 

    Namun, dengan memeriksa level oli, Anda bisa mengetahui sisa oli di mesin dan seberapa kotor oli tersebut. Langkah awal, Anda bisa memeriksa secara manual. Namun, pastikan mesin dalam kondisi hangat dan mobil sudah terparkir di tempat yang rata. Selanjutnya, masukkan alat pengukur manualnya. 

    Cara Membaca Dipstick Oli Mobil

    Dipstick adalah alat yang dipakai untuk mengecek level oli secara berkala. Agar bisa memahami hasilnya, Anda perlu tahu cara membaca alat ini. Yaitu: 

            1. Matikan Mesin

    Pertama, matikan dulu mesin mobil dan pastikan rem tangan sudah diatur. Beri jeda selama beberapa menit agar mesin mendingin. Kemudian, buka kap mesin, temukan dipstick yang ada di bagian oli. Dipstick memiliki tanda pegangan kuning yang memudahkan Anda untuk mengenalinya. 

            2. Tarik Dipstick Oli

    Langkah selanjutnya, tarik dipstick oli keluar dari tempatnya. Lakukan dengan hati-hati agar tangan tidak menyentuh bagian mesin yang masih panas. Kemudian, pegang handuk tidak terpakai atau lap dan letakkan di bawah dipstick. Tujuannya agar oli tidak menetes ke bagian mesin dan mengotorinya. 

            3. Bersihkan Dipstick

    Segera bersihkan dipstick oli mobil menggunakan handuk atau lap yang tadi sudah disiapkan. Pastikan oli tidak menetes ke mana-mana dan mengotori seluruh komponen mesin atau area lantai. 

            4. Masukkan Dipstick Lagi

    Begitu dipstick sudah bersih, segera masukkan kembali ke dalam tangki oli. Pastikan Anda sudah memasangnya dengan benar dan tepat. 

            5. Keluarkan Dipstick Lagi

    Keluarkan kembali dipstick yang sudah terpasang dengan hati-hati. Periksa level oli dan perhatikan baik-baik tiap bagian dipstick. 

    Terdapat dua tanda yang ada di dipstick yang mengindikasikan tentang level oli. Satu, tanda bertuliskan “Low” atau rendah. Satunya lagi bertuliskan “Full” atau penuh.