Berita

    Ketahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

    Bagaimana saat AC mobil tidak dingin? Padahal kita semua tahu bahwa AC adalah komponen penting pada sebuah mobil. Spare part yang satu ini akan berpengaruh pada kenyamanan pengendara maupun penumpang. 

    Faktor-faktor AC Mobil Tidak Dingin

    Di saat-saat tertentu memang AC bisa tidak berfungsi. Saat perangkat ini seharusnya mengeluarkan udara dingin justru hanya menghembuskan angin. Berikut adalah beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui:

    • Kondensor dalam Kondisi Kotor

    Penyebab pertama AC tidak bisa mengeluarkan udara dingin adalah karena kondensornya dalam kondisi kotor. Kondensor merupakan bagian pada AC yang berfungsi membuang suhu panas dari kompresor. Bagian ini akan bekerja optimal jika dalam kondisi bersih. 

    Saat kondensor kotor oleh debu maka kemampuannya untuk membuang suhu panas akan berkurang. Hasilnya, udara dingin tidak bisa keluar dari AC dan menyebabkan hanya angin saja yang dihembuskan. 

    Saat Anda menemui AC mobil tidak terasa dingin, sebaiknya segera periksa kondisi kondensor. Bersihkan bagian ini jika terlihat kotor agar fungsinya bisa kembali seperti semula dan udara dingin bisa keluar. 

    • Kehabisan Freon

    Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah kehabisan freon. Freon menjadi salah satu komponen utama yang akan membuat udara dari AC terasa dingin. Seiring waktu berjalan, freon ini akan habis apalagi jika AC selalu digunakan.

    Coba cek dulu kondisi freon AC, jika memang habis maka lakukan pengisian ulang. Pengisian freon ini bisa dilakukan di bengkel spesialis AC terdekat. Pastikan untuk memeriksa freon secara berkala agar tahu kapan waktu yang tepat mengisi ulang. 

    • Kerusakan Kompresor

    AC mobil tidak dingin juga bisa karena kompresornya rusak. Kompresor ini merupakan bagian yang akan memompa dan menekan freon sehingga bisa bersirkulasi dengan baik ke semua sistem AC lalu menyemburkan udara dingin. 

    Jika kompresor rusak maka AC tidak akan berfungsi secara optimal. Perangkat ini akan mengeluarkan angin namun tidak ada sensasi dingin di sana. Angin yang dikeluarkan normal selayaknya angin biasa. 

    Segera bawa mobil ke bengkel untuk mengecek apakah kompresor AC memang rusak atau tidak. Jika bisa diperbaiki maka mekanik akan melakukan perbaikan. Namun jika kerusakannya terlalu parah maka kompresor biasanya akan diganti yang baru. 

    • Evaporator Tersumbat