Berita

    Kenali Komponen Mobil Yang Harus Diganti Secara Berkala

    Setiap mobil terdiri dari berbagai macam komponen. Diantara berbagai macam komponen tersebut, ada beberapa komponen mobil yang harus diganti secara berkala. Apa saja dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti komponen- komponen pada mobil tersebut?

    Kenali Komponen Mobil yang Harus Diganti

    Agar kendaraan Anda tetap nyaman dan aman saat dikendarai, beberapa komponen dari mobil Anda wajib untuk dicek bahkan diganti. Jika Anda masih bingung mengenai komponen tersebut serta kapan harus diganti, simak berikut ini.

    • Kampas Rem

    Kampas rem merupakan komponen mobil yang penting untuk memperlambat laju saat melakukan pengereman. Saat melakukan penginjakan pada rem, silinder master pada rem akan mengirim minyak bertekanan tinggi menuju kaliper rem. 

    Kaliper rem kemudian akan menekan kampas agar bergesekan dengan disc brake. Hal inilah yang menyebabkan kecepatan mobil akan melambat.

    Ketika digunakan secara yang terus menerus, kampas pada rem akan menjadi tipis dan habis. Kampas rem ini biasanya harus diganti ketika perjalanan mencapai 30.000 km hingga 35.000 km.

    • Kampas Kopling

    Komponen ini memiliki fungsi untuk mengirimkan tenaga mesin menuju transmisi persneling. Ketika kampas mulai menipis, pengiriman tenaga mesin menuju roda akan terhambat dan berkurang. Jika komponen ini habis, akan sangat berbahaya akibatnya.

    Masalah ini akan berdampak berkurangnya secara drastis tenaga pada mobil serta dapat menyebabkan bahan bakar menjadi boros. 

    Anda bisa mengetahui tanda-tanda kampas mobil Anda saat mulai habis ketika mobil Anda mengalami gangguan berikut ini:

    1. Munculnya bau hangus.
    2. Saat kopling ditekan, pedal pada kopling mengeras.
    3. Sulit saat mengganti gigi mobil.
    4. Kopling yang mendadak terselip.

    Untuk mencegah hal diatas terjadi, sebaiknya Anda rutin mengganti kampas kopling mobil Anda setiap menempuh jarak 20.000 km.

    • Busi

    Busi adalah komponen pada mobil yang memiliki fungsi untuk membakar bahan bakar dengan udara supaya mesin mobil dapat berjalan. Fungsi utama dari busi pada mobil adalah untuk menyalakan mesin kendaraan bermotor tersebut.

    Arus listrik pada aki mobil akan dinaikkan oleh koil lalu listrik akan mengalir ke busi. Busi mulai mengeluarkan percikan-percikan api dan akan memulai proses pembakaran. 

    Kerusakan pada busi ditandai jika busi mengeluarkan percikan api yang kecil. Ketika hal tersebut terjadi, itu tandanya Anda harus segera mengganti busi pada mobil.