Berita

    Kenali Ciri Mobil Boros Bensin.

    Pengguna mobil pasti tahu betul bahwa pemakaian bensin sangat penting untuk diperhatikan. Saat mobil boros bensin, biasanya ada beberapa masalah yang juga terjadi pada mobil tersebut. Mari cari tahu apa saja ciri mobil yang boros bensin!

    Ciri-Ciri Mobil Boros Bensin

    Pasti sangat menyenangkan jika bisa mengendarai mobil yang pemakaian bensinnya terbilang hemat. Selain terasa nyaman juga pasti bisa lebih ringan karena bisa hemat. Berikut ini beberapa ciri mobil boros bensin yang penting untuk diketahui:

    • Intensitas Isi Bensin Tinggi

    Jelas sudah kalau Anda terlalu sering mengisi bensin berarti mobil yang Anda pakai memang boros bensin. Hanya saja banyak orang yang seringkali tidak menyadari hal ini dan terus membeli bensin dengan intensitas yang tidak wajar. 

    Coba diingat-ingat kapan saja Anda harus membeli bensin. Jika intensitasnya terlalu sering berarti Anda terlalu boros dan sebaiknya mempertimbangkan mengganti mobil. Apalagi jika mobil tersebut dipakai untuk kegiatan rutin setiap hari. 

    • Suara Mesin Kasar

    Ciri lain yang menunjukkan bahwa mobil Anda boros bensin adalah adanya suara kasar pada mesin. Mesin dengan performa yang bagus tidak akan mengeluarkan suara yang kasar dan berisik. 

    Jika ada suara kasar pada mesin, berarti ada masalah tertentu pada mesin tersebut. Perlu diketahui bahwa masalah pada mesin akan menyebabkan konsumsi bensin jadi lebih boros. Jadi lebih baik segera bawa ke tempat servis untuk perbaikan. 

    Sebenarnya suara mesin yang kasar ini akan sangat mudah untuk dideteksi. Terutama jika Anda selalu memakai mobil setiap hari. Begitu ada perubahan suara pasti langsung bisa dikenali sehingga antisipasinya juga bisa lebih cepat. 

    • Muncul Asap Knalpot yang Hitam

    Tanda lain yang bisa Anda kenali saat mobil boros konsumsi bensin adalah asap knalpot yang warnanya berubah hitam. Ini terjadi karena ada masalah di dalam karburator mobil dan hal ini akan membuat aliran bensin terganggu. 

    Biasanya hal tersebut disebabkan oleh adanya penyumbatan pipa-pipa kecil pada karburator. Jika dibiarkan terus karena bisa menyebabkan konsumsi bensin jadi lebih boros. Selain itu kerusakan bisa berdampak pada komponen lain di dalam mobil. 

    • Pedal Gas Sulit Diinjak

    Saat Anda merasa kesulitan menginjak pedal gas, maka ada kondisi yang harus dicurigai. Biasanya kondisi seperti ini menjadi tanda bahwa mobil Anda sedang boros konsumsi bensin.