Berita

    Kenali Tanda Ban Mobil Perlu Diganti

    Sebagian orang seringkali mengabaikan waktu ganti ban mobil tiba. Selain tidak ada waktu luang, harga satuan ban yang cukup mahal menjadi alasan mereka.

    Padahal ban mobil merupakan salah satu bagian mobil yang berfungsi sebagai tumpuan beban mobil secara keseluruhan. Jika tidak diperhatikan dengan baik, maka hal buruk akan terjadi. Tentu hal itu sangat dihindari oleh para pengemudi maupun penumpang dalam mobil.

    Ban yang sudah terlalu sering menempel dengan aspal akan menipis dan rentan mengalami aus. Jika hal ini terjadi, maka tak dapat dihindari ban akan mengalami masalah, seperti kempes, bocor, hingga meledak secara tiba-tiba.

    Jangan abaikan apabila ada sesuatu yang tidak beres muncul berasal dari ban. Jika masih bingung apa saja ciri yang mengharuskan Anda ganti ban mobil, simak penjelasan berikut ini.

    5 Tanda Ban Mobil Perlu Diganti

    Kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban? Coba perhatikan ciri-ciri berikut ini.

            1. Ban Mobil Mulai Retak

    Retak yang terlihat jelas pada ban mobil Anda perlu diwaspadai. Hal ini menjadikan ban mobil lebih mudah terkena gangguan-gangguan kecil di jalan.

    Seperti contohnya, tidak sengaja melindas benda tajam yang membuat retak ban mobil semakin melebar. Tentunya akan membuat ban mobil mengalami kebocoran.

            2. Muncul Benjolan pada Pinggir Ban

    Sebagian orang mungkin masih ada yang belum tahu bahwa ban mobil bisa muncul benjolan atau bisa juga disebut dengan penggelembungan. 

    Benjolan ini disebabkan karena mobil digunakan untuk berkendara di permukaan tidak rata dan cukup berat. Jika dibiarkan dalam waktu lama, ban mobil akan pecah sewaktu-waktu dan sangat berbahaya untuk keselamatan Anda sendiri juga pengguna jalan lainnya.

    Salah satu bahayanya ban yang meledak tiba-tiba adalah menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan. Sehingga Anda perlu peka terhadap kondisi ban yang kempes atau bocor untuk segera mendatangi bengkel terdekat.

            3. Usia Ban

    Ban juga memiliki batas usia penggunaannya. Umumnya batas usia aman untuk ban mobil adalah 3 tahun sampai dengan 6 tahun.

    Penetapan waktu ganti ban mobil adalah melihat dari jarak yang telah ditempuh. Jika sudah mencapai jarak 40.000 km, ban akan mulai menipis karena penggunaan yang menyebabkan berkurangnya fungsi cangkram.

    Namun, hal ini tidak bisa menjadi patokan pasti karena kondisi setiap ban berbeda-beda.