Berita

    Kerusakan Ini Sering Terjadi pada Pintu Mobil

    Engsel dan central lock yang rusak atau pintu yang tidak bisa ditutup dengan rapat hanya sebagian kecil dari kerusakan yang sering terjadi pada pintu mobil. Masih ada kerusakan lain yang bisa membuat pengalaman berkendara Anda terganggu. 

    Apabila dibiarkan, “penyakit” tersebut akan membuat biaya perbaikan semakin membengkak. Sebenarnya, apa saja jenis kerusakan yang kerap dialami oleh pintu mobil? Ikuti informasi berikut!

    Mempelajari Kerusakan yang Sering Terjadi pada Pintu Mobil

    Pintu merupakan salah satu alat penunjang kenyamanan dan keamanan pengemudi dan penumpang. Namun, ada sejumlah kondisi yang membuatnya rentan mengalami malfungsi, beberapa kerusakan tersebut di antaranya adalah: 

    • Engsel Pintu Rusak

    Salah satu komponen yang kerap rusak adalah engsel pintu, baik itu mengalami aus. longgar, atau bahkan patah. Penyebab kerusakan pintu bisa karena berbagai hal, salah satunya adalah digunakan (dibuka dan ditutup) secara berlebihan.  

    Agar engsel pintu tidak cepat aus, Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala dan memberi pelumas pada bagian ini jika diperlukan.    

    • Posisi Pintu Berubah

    Kerusakan yang sering terjadi pada pintu mobil yang bisa terlihat adalah letak pintu mobil yang berubah, seperti tidak bisa tegak atau menggantung. 

    Ini terjadi akibat engsel yang kendor atau rusak, namun bisa juga disebabkan karena adanya masalah dengan sistem pengaturan kunci pintu.   

    • Karet Pintu Aus

    Pada pinggiran pintu mobil terdapat karet yang berfungsi untuk mencegah masuknya air dan debu ke dalam kabin mobil. Selain itu, karet pintu juga mampu meredam getaran yang terjadi pada pintu. 

    karet pintu aus

    Saat karet pintu ini aus, maka bentuknya akan berubah menjadi lebih pipih sehingga pintu tidak bisa menutup dengan rapat. 

    Akibatnya, muncul berbagai masalah seperti menjadi tidak kedap suara, yaitu terdengar suara angin atau suara dari luar mobil, serta muncul suara besi yang beradu pada saat pintu mobil ditutup. 

    Selain itu, interior juga akan mudah lembab dan rusak karena debu dan air yang bisa masuk ke dalam kabin.

    • Kunci Pintu Rusak

    Selain kunci manual, biasanya pada mobil keluaran terbaru dilengkapi dengan kunci elektronik (remote). Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada pintu mobil yang berhubungan dengan komponen kunci diantaranya adalah:

    • Kunci mobil patah, rusak, aus, atau hilang;

    • Pintu tidak bisa dibuka dari dalam, bisa karena sensor yang tidak berfungsi atau ada komponen yang kotor, berkarat, atau aus seperti handel pintu dan motor;

    • Pintu tidak bisa dari luar karena handel pintu patah;

    • Pintu tidak bisa dikunci, penyebabnya bisa karena putusnya kawat seling atau sekring (fuse), atau karena selenoid yang malfungsi. 

    • Tidak Bisa Ditutup Rapat

    Salah satu kerusakan pada pintu mobil adalah tidak bisa ditutup dengan rapat. Kerusakan ini bisa terjadi karena ada komponen lain yang rusak atau aus, seperti engsel pintu, karet pintu, atau karena kunci pintu yang bermasalah. 

    • Sensor Pintu Rusak

    Mobil keluaran terbaru biasanya juga dilengkapi dengan sensor yang akan mendeteksi apabila ada pintu yang dibuka paksa atau tidak terkunci/terbuka dengan benar. Apabila rusak, maka fungsi sensor ini pun menjadi terganggu. 

    • Power Window Tidak Berfungsi

    Kerusakan lainya yang sering terjadi pada pintu mobil adalah power window yang tidak berfungsi. Ini bisa disebabkan karena adanya masalah pada kabel yang ada di dalam pintu, bisa juga karena switch atau motor yang bermasalah. 

    • Central Lock Rusak

    Kerusakan yang kerap terjadi pada pintu mobil adalah tidak berfungsinya central lock. Ini bisa terjadi karena beberapa sebab, seperti dinamo yang lemah, terdapat masalah pada modul, karena karat, dan lain sebagainya. 

    Itulah beberapa kerusakan yang sering terjadi pada pintu mobil. Anda bisa melakukan pengecekan fungsi pintu bersamaan dengan saat melakukan servis rutin. Pastikan Anda melakukan perawatan di bengkel resmi Suzuki!