Berita

    6 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

    Kenapa Mesin Mobil Panas?

    Tahukah Anda bahwa membiarkan mesin mobil panas atau overheat dapat menimbulkan berbagai masalah yang bisa merusak mesin. 

    Selain merusak mesin, hal ini juga bisa membahayakan pengendara jika asal-asalan menanganinya. Ketahui lebih dahulu penyebab masalahnya agar Anda tahu cara mengatasinya.

    Inilah Penyebab Mesin Mobil Panas dan Cara Mengatasinya

    Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa saja penyebab mesin overheat dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut ulasanya:

    • Memakai Oli yang Kurang Berkualitas

    Oli mesin mobil memiliki dua fungsi yaitu sebagai pelumas dan pendingin mesin. Sehingga kekurangan oli dapat menyebabkan mesin mobil cepat panas. Selain itu, memakai oli yang kualitasnya buruk juga dapat menyebabkan mesin mobil overheat.

    Untuk mengatasinya, sebaiknya gunakan oli dengan kualitas terbaik serta rutin mengganti oli secara berkala.

    • Radiator yang Bermasalah

    Penyebab mesin mobil panas selanjutnya adalah radiator mobil yang bermasalah. Beberapa permasalahan radiator diantaranya: 

    • Sirkulasi air yang berada di dalam mobil kurang lancar

    Sirkulasi mobil yang kurang lancar ini dapat menghambat jalannya air dalam radiator. Kondisi seperti ini juga bisa menyebabkan mesin mobil cepat panas.

    Cara mengatasinya dengan mengecek bagian radiator di bengkel terdekat.

    • Selang radiator yang bocor

    Selang radiator yang bocor ini juga bisa menyebabkan air di dalam radiator cepat habis. Jika air dalam radiator yang berfungsi sebagai pendingin ini habis maka mesin bisa panas.

    Cara mengatasinya adalah dengan mengganti selang radiator yang baru.

    • Kipas radiator yang rusak 

    Kipas radiator yang rusak bahkan mati juga bisa menyebabkan mobil cepat panas. Pasalnya, kipas ini berfungsi untuk mengeluarkan udara yang panas di dalam mesin. 

    Cara mengatasi kipas radiator yang mati yaitu datang ke servis mobil dan menggantinya dengan kipas yang baru.

    • Water Pump yang Rusak

    Water pump merupakan pompa radiator yang berfungsi agar sirkulasi di dalam radiator bisa berjalan dengan normal. Jadi, apabila komponen ini rusak, maka bisa menyebabkan mesin mobil panas. Cara mengatasinya adalah mengganti pompa radiator yang baru.

    • Thermostat yang Bermasalah