Berita

    Perbedaan Pengertian Modifikasi dan Arti Custom

    Banyak sekali orang yang sering menyamakan pengertian modifikasi dan arti custom. Padahal kedua unsur ini sangatlah berbeda. Memang dalam dunia otomotif sendiri sama – sama memiliki arti perubahan pada motor. 

    Namun, sebenarnya pada kenyataannya kedua hal ini memiliki perbedaan pada prakteknya. Untuk lebih jelasnya simaklah hal di bawah ini. 

    Apa Itu Modifikasi?

    Modifikasi merupakan sebuah kegiatan pengubahan pada motor dari kondisi pabrik menjadi kondisi yang berbeda dari kondisi pabrik sebelumnya. Pengubahan ini dilakukan dengan menggunakan barang jadi atau aftermarket. 

    Yang diganti dari motor ini adalah komponen yang ada di dalamnya. Nah, komponen ini didapat dari aftermarket. Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga bisa dengan mengganti sparepart yang bisa saja diambil dari motor dengan jenis yang lainnya. 

    Apa Itu Custom?

    Custom merupakan pembuatan atau perubahan yang akan disesuaikan dengan pesanan konsumen atau pembeli sesuai dengan keinginan, karakter, atau bahkan fungsi tertentu. Jadi, custom sendiri itu sebuah perubahan yang dilakukan sesuai dengan pesanan atau selera. 

    Motor yang awalnya dirancang sesuai dengan standar pabrik diubah sesuai dengan imajinasi atau bayangan dari karakter pengguna motor. Tentunya versinya akan sangat berbeda dengan versi pabrik. 

    Part yang digunakan untuk custom motor sesuai dengan kerangka yang berbeda. Perubahan yang dilakukan secara manual dan biasanya dilakukan secara menyeluruh. 

    Perbedaan Custom dan Modifikasi

    Setelah Anda melihat dan membaca pengertian modifikasi dan custom di atas, Anda pasti melihat masih ada beberapa kesamaan yaitu letaknya pada perubahan yang terjadi. Yang awalnya dari setelan pabrik mendapat perubahan yang besar.

    Untuk custom sendiri merupakan perubahan yang terjadi lebih luas dan lebih spesifik. Perubahan dikerjakan secara menyeluruh dan dimulai dari nol. Entah dari bentuk maupun komponen yang akan diubah, dikerjakan dimulai dari nol. 

    Perubahan yang terjadi bisa untuk berbagai komponen yang ada di motor seperti dari aksesorisnya, frame, hingga desain yang berusaha diciptakan sendiri sesuai dengan imajinasi. 

    Dalam hal biaya, motor custom akan mengeluarkan biaya yang luar biasa banyak daripada modifikasi. Kenapa hal demikian bisa terjadi? Karena Anda harus menyewa jasa para ahli di bidangnya seperti ahli bubut, spesialis tangki, dan masih banyak lagi yang lainnya.