Berita

    Mengecek Keaslian Velg Mobil Sebelum Membelinya

    Velg adalah salah satu komponen mobil yang perlu diganti secara berkala. Maka dari itu saat Anda membelinya, pastikan selalu mengecek keaslian velg mobil dengan teliti dan cermat.

    Seringkali ditemukan produk tiruan pada velg sehingga mengakibatkan komponen mesin mobil bermasalah. Hal ini bisa terjadi karena Anda membeli di toko atau bengkel yang tidak terjamin orisinalitas produknya.

    Tips Mengecek Keaslian Velg Mobil saat Membelinya

    Cara membeli velg mobil dengan aman, tentu harus mengetahui tips mengecek keaslian komponen tersebut secara tepat. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut simak penjelasan selengkapnya!

    • Cek Kualitas Velg

    Cara pertama untuk mengecek velg yang asli dan palsu tentu bisa dilihat dari kualitas dari komponen itu sendiri. Velg yang palsu tentu memiliki kualitas yang tidak setangguh dengan velg asli.

    Biasanya, velg tiruan akan lebih mudah penyok saat kendaraan melintasi jalan berlubang atau kecepatan tinggi. Sedangkan, velg asli mampu menahan bobot dan tahan terhadap benturan cukup keras.

    • Lihat Tampilan Warna

    Sekilas, warna velg asli dan palsu memang sama. Namun jika diperhatikan dengan seksama, tampilannya jelas berbeda. Perbedaan ini tentu dipengaruhi pada penggunaan komposisi dan proses pengecatan.

    cek tampilan warna

    Umumnya, velg asli memiliki warna sedikit doff dan tahan lama. Sedangkan velg palsu memiliki warna sangat mengkilap, namun tampilannya akan terlihat cepat pudar bahkan lapisan catnya bisa terkelupas.

    • Bandingkan Harga

    Untuk mengecek keaslian velg mobil juga bisa dilakukan dengan cara membandingkan harga. Anda bisa mengecek harga velg orisinal di toko asli atau distributor utama dan membandingkan harga di internet.

    Umumnya, velg palsu akan mematok harga di bawah harga pasaran. Berbeda dengan velg asli yang memang memasang harga lebih mahal dengan jaminan garansi dan produk yang diproduksi sesuai standar perusahaan.

    • Pilih Ukuran Velg yang Tepat

    Dalam memilih velg mobil. Anda juga harus memperhatikan jenis dan ukuran yang tepat. Pastikan ukuran yang digunakan tidak terlalu besar atau terlalu kecil pada kendaraan mobil Anda.

    Kesalahan dalam memilih velg mobil akan membuat mobil tidak stabil saat berkendara. Jika mobil digunakan secara paksa, ini bisa menyebabkan kaki-kaki mobil bermasalah dan membahayakan diri Anda.

    • Ketahui Beban Maksimum

    Setiap velg mobil memiliki beban maksimum yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, ketahui besaran beban maksimum dari velg yang digunakan untuk mobil Anda.

    Pilihlah bengkel terpercaya yang bisa membantu memilih velg asli kendaraan Anda. Sehingga jika Anda merasa bingung, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan ahlinya agar tidak salah memilih velg mobil. 

    • Uji Kekuatan

    Tips terakhir, jangan ragu untuk mengetes atau menguji kekuatan dari velg mobil yang akan digunakan. Untuk mengetahui kualitas dan kekuatan velg ini, bisa Anda ketahui dari suaranya.

    Anda bisa menggantungkan velg dengan karet, lalu memukul bagian velg menggunakan obeng. 

    Selanjutnya, dengar secara seksama seperti apa suara yang dihasilkan. Apabila bunyinya halus dan tahan lama, itu berarti velg tersebut memiliki kualitas yang baik.

    Demikianlah cara cek keaslian velg mobil dan cara memilihnya pada kendaraan Anda. Cara ini sangat membantu agar Anda bisa membedakan mana velg asli dengan velg yang palsu.