Berita

    Penting! Penyebab Setir Mobil Goyang

    Kenyamanan dan keselamatan merupakan hal nomor satu yang harus diutamakan saat berkendara. Ketika mengalami setir mobil goyang Anda harus lebih hati-hati saat mengendarainya. 

    Karena kondisi ini dapat membahayakan keselamatan dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah jika tidak segera ditangani. Mau tahu apa saja penyebab masalah ini? Simak informasi selengkapnya pada pembahasan berikut. 

    Penyebab Setir Mobil Goyang secara Umum

    Ketika setir mobil mulai mengalami masalah, Anda harus segera mencari cara untuk memperbaikinya. Tapi sebelum itu, pahami dulu apa yang menjadi penyebab setir mobil terasa goyang. 

    Dengan memahaminya, Anda bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa penyebab umum yang menjadi pemicunya. 

    • Terjadi Masalah pada Engine Mount Mesin

    Engine mount mesin merupakan bagian mobil yang bertugas untuk menahan mesin agar tetap stabil pada posisinya. Jika bagian ini mengalami masalah, maka akan menimbulkan getaran pada mesin mobil sehingga membuat setir terasa goyang.  

    Masalah ini biasanya terjadi pada mobil yang pernah mengalami tabrakan di bagian depan yang cukup parah. 

    • Bagian Velg Mobil Penyok

    Selain masalah pada engine mount mesin, setir mobil terasa goyang juga bisa disebabkan karena velg mengalami kerusakan. Kendala ini biasanya disebabkan karena mobil sering melewati jalanan berlubang sehingga menimbulkan benturan.

    Ketika bentuk velg tidak lagi simetris maka keseimbangan mobil akan terganggu. Sehingga menyebabkan setir terasa goyang. Jika velg tersebut tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. 

    • Terjadi Kerusakan pada Ban Mobil 

    Setir mobil goyang juga dapat terjadi karena adanya kerusakan pada bagian ban. Ban mobil yang tidak seimbang atau menggelembung bisa membuat setir terasa goyang saat berkendara dalam kecepatan rendah. 

    Masalah satu ini biasanya terjadi karena ban sudah usang atau aus, sehingga harus diganti dengan yang baru.

    Solusi Darurat untuk Mengatasi Setir Goyang

    Jika Anda baru menyadari setir terasa goyang saat dalam perjalanan, maka lakukan langkah-langkah darurat untuk mengatasinya. Mau tahu apa saja yang harus dilakukan? Berikut solusi darurat untuk mengatasinya. 

    • Cek Tekanan Ban Sebelum Berkendara