Berita

    Ketahui Cara Memasang Alarm Mundur pada Mobil

    Fitur alarm mundur mobil cukup penting keberadaannya, terutama bagi Anda yang merupakan pemula dalam mengendarai mobil. Keberadaan alarm tersebut akan memudahkan Anda memposisikan mobil ketika sedang melakukan parkir.

    Sebab, Anda bisa memperkirakan dan mengetahui jarak aman parkir melalui bunyi alarm. Jadi, risiko menabrak tembok atau parkir terlalu dekat dengan tembok bisa Anda hindari. 

    Lantas, apa yang harus Anda lakukan agar memiliki alarm mundur pada mobil Anda? Pahami cara pemasangannya dalam pembahasan berikut!

    Cara Memasang Alarm Mundur Mobil 

    Pada beberapa produsen mobil, alarm ini sudah terpasang sebagai salah satu fiturnya. Namun, bila belum memilikinya Anda bisa melakukan pemasangan mandiri dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ni.

     

    alarm mundurUnsplash.com

    • Menyiapkan Backup Alarm

    Anda sebaiknya sudah menyiapkan backup alarm terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan alarm. Adapun backup terdiri dari dua baut, yaitu + plus dan – atau plus dan minus.

    Kemudian, sambungkan baut ke kabel dengan tegangan +12V/+24V. Lalu, untuk baut minus akan disambungkan melalui kabel ground nantinya.

    • Menyiapkan Terminal Bulat

    Selanjutnya, siapkan sebuah terminal bulat yang bautnya membentuk angka delapan. Anda bisa menyiapkan baut tersebut sebanyak dua buah untuk dipasang pada baut plus dan juga baut minus.

    • Memasang Kabel pada Bagian Terminal Bulat

    Langkah ketiga pemasangan alarm mundur mobil ini mengharuskan Anda memasang kabel pada bagian terminal seeta baut yang memiliki bentuk angka delapan. 

    Saat pemasangan kabel tersebut, Anda harus menggunakan kabel dengan warna berbeda agar membantu membedakan kabelnya lebih mudah.

    Sebagai gambaran, untuk jalur positif Anda bisa menggunakan kabel berwarna biru, sedangkan untuk jalur negatif kabel disarankan menggunakan warna berbeda seperti merah.

    • Menggulung Sambungan Kabel

    Untuk menggulung bagian sambungan pada kabel di terminal bulat, Anda dapat menggunakan isolasi. Tujuan dari penggunaan isolasi salah satunya adalah untuk langkah pencegahan dari adanya risiko korsleting apabila kabel baut mengalami kendur.

    • Melakukan Pemasangan Kabel

    Untuk memasang kabel, Anda bisa mengaturnya dengan pemasangan kabel yang berwarna biru pada area plus (+) di backup alarm, serta kabel berwarna merah untuk pemasangan pada bagian minus bertanda (-).

    • Memasang Backup Alarm

    Tahap keenam pemasangan alarm mundur mobil, Anda bisa memasang backup alarm dengan menyambungkan backup pada area jalur kabel lampu mundur sebuah mobil. Letak area tersebut umumnya pada bagian bawah dan juga belakang mobil.

    Tentukan posisi backup alarm paling dekat agar memudahkan penyambungan jalur kabel lampunya. Kemudian, Anda dapat memasang kabel yang berwarna merah pada bagian terminal bulat atau skun ring.

    Lalu, lanjutkan dengan memasang pada area ground bodi di mobil yang memiliki tanda negatif atau minus (-). Setelah itu, cari jalur untuk kabel positif (+) dari area lampu mundur mobil yang akan dipasang kabel biru dari kutub positif (+) pada backup alarm.

    Anda juga perlu memperhatikan tespen aki, untuk melihat apakah tespen sudah menyala atau tidak. Bila menyala, maka tandanya Anda sudah menemukan jalur lampu mundur di kutub positif (+). Jadi, Anda dapat menyambungkan kabel berwarna biru ke bagian itu.

    • Menyalakan Lampu Mundur

    Untuk finalisasi pemasangan alarm mundur, Anda dapat menyalakan lampu mobil mundurnya. Apabila saat Anda menyalakan terdengar bunyi ‘beep’, maka artinya Anda telah berhasil melakukan pemasangan alarm mundur pada mobil.