Berita

    Wajib Tahu, Ini Cara Menghilangkan Ngantuk saat Berkendara

    Rasa lelah dan ngantuk saat berkendara memang sudah wajar terjadi, apalagi jika menempuh perjalanan panjang. Namun kondisi seperti ini wajib diwaspadai karena sangat berbahaya. Anda harus menerapkan solusi ngantuk saat mengemudi paling efektif demi keamanan. 

    Mengatasi Ngantuk saat Berkendara

    Sebagian besar kecelakaan di jalan raya dipicu oleh pengendara yang tidak fokus karena mengantuk. Demi keamanan diri sendiri dan orang lain, jangan sampai berkendara saat mengantuk. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang bisa dilakukan:

            1. Luangkan Waktu Istirahat

    Cara paling mudah untuk menghilangkan rasa ngantuk ya dengan tidur. Luangkan waktu istirahat dengan menepi di tempat-tempat tertentu kemudian tidurlah di dalam mobil. Ini akan membantu tubuh Anda mendapatkan kembali energi yang dibutuhkan saat menyetir. 

    Hal ini juga sangat direkomendasikan jika Anda menempuh perjalanan yang cukup jauh. Jangan memaksakan diri untuk menyetir saat ngantuk. Mengantuk adalah tanda bahwa tubuh Anda lelah dan butuh waktu beristirahat. 

    Pilihlah tempat yang tepat untuk menepi. Misalnya saja di rest area atau mungkin di pom bensin. Pastikan untuk berhenti di tempat terdekat agar tidak perlu memaksakan diri berkendara lebih jauh lagi. 

            2. Ajak Penumpang Mengobrol

    Jika Anda berkendara dengan teman atau anggota keluarga, maka ajaklah mereka mengobrol. Teman di dalam mobil akan membantu Anda untuk tetap terjaga. Apalagi jika kalian memperbincangkan topik obrolan yang menarik dan seru. 

    Namun pastikan obrolan ini tidak menghilangkan fokus Anda saat berkendara. Tetaplah fokus ke jalan sambil menanggapi obrolan dengan teman di dalam mobil. Mintalah teman Anda untuk terus mengajak bicara agar tidak mengantuk. 

            3. Berhenti dan Minum Kopi

    Semua orang tahu bahwa kopi bisa meningkatkan adrenalin dan menghilangkan rasa ngantuk. Anda juga sebaiknya minum kopi terlebih dahulu jika mengantuk di tengah perjalanan. Menepilah di tempat yang tepat dan beli kopi agar bisa kembali fokus mengemudi. 

    Minum kopi memang jadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah ngantuk saat berkendara. Jangan lupa, pilih jenis kopi yang kuat dan rasanya masih bisa diterima oleh tubuh Anda. Jika tak cocok minum kopi maka Anda bisa memilih jenis minuman lain.