Berita

    Wajib Tahu! Jenis-Jenis Aki Pada Mobil

    Aki adalah salah satu komponen penting yang ada dalam mobil, karena merupakan sumber energi listrik yang menggerakkan mobil serta menyalakan komponen lainnya. Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis aki mobil dan tidak semua bisa cocok untuk mobil Anda. Apa saja jenisnya? Simak penjelasan berikut ini.

    Ada berbagai macam jenis aki yang mungkin sudah Anda ketahui. Beberapa jenis seperti aki basah dan kering mungkin familiar di telinga Anda. Namun apakah jenis aki hanya terbatas pada aki basah dan kering? Tentu tidak. Ada berbagai macam aki lainnya dengan kegunaan dan pemakaian yang berbeda.

    Jenis Aki Mobil

            1. Aki Kering

    Ketika Anda mendengar jenis aki satu ini, jangan berpikir bahwa tidak ada cairan elektrolit atau air aki di dalamnya. Tetap ada cairan elektrolit di dalamnya, namun memiliki kandungan timah kalsium. Hal ini membuat air aki tidak cepat menguap.

    Salah satu keunggulan aki jenis ini adalah Anda tidak perlu melakukan isi ulang, dan perawatannya juga relatif lebih mudah dibanding aki basah.

            2. Aki Basah

    Aki jenis ini paling mudah ditemukan di pasaran. Aki basah memiliki kandungan elektrolit yang berisi timah antimony yang berguna untuk penguat timbal. Bahan ini membuat aki cepat menguap sehingga harus sering cek untuk isi ulang aki.

            3. Aki MF AGM

    Aki mobil jenis Maintenance Free Absorbent Glass Mate ini memiliki kelebihan dibanding aki jenis lain yaitu air aki terperangkap dalam separator khusus. Hal inilah yang akan membuat Anda yang suka kendaraan jenis offroad sangat dianjurkan untuk pakai aki MF AGM ini. Tenang, aki tidak akan tumpah dalam keadaan miring sekalipun.

            4. Aki Kalsium

    Dinamai aki kalsium karena kutub aki dibuat dari kalsium. Aki ini memiliki penguapan yang lebih lama bila dibandingkan dengan aki yang lain. Keunggulan dari aki kalsium ini adalah memiliki  daya tahan baterai tinggi. Namun sayangnya harganya cukup mahal dan cukup susah dicari di Indonesia.

            5. Aki Hybrid

    Aki hybrid adalah perpaduan dari jenis aki kalium, basah, dan kering. Keunggulan utama dari aki ini adalah perawatan mudah dan penguapan minimum. Namun sayangnya, cairan elektrolitnya dapat menimbulkan korosi pada mesin mobil, sehingga tidak terlalu disarankan untuk digunakan.

            6. Aki Gel