Berita

    Simak Cara Mencegah & Menghilangkan Karat Pada Bodi Mobil

    Mencegah mobil karat menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh pemilik kendaraan beroda empat itu. Selain merusak nilai estetika pada mobil, karat pada mobil jika dibiarkan maka akan menjadi penyebab kerusakan komponen mobil.

    Oleh karenanya, sebagai pemilik mobil Anda perlu mengetahui cara mencegah dan menghilangkan karat pada mobil Anda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

    Cara Mencegah Mobil Karat

    Mencegah selalu lebih baik daripada memperbaiki. Jadi, sebelum komponen Anda berubah jelek karena adanya karat pada bodi mobil Anda, sebaiknya Anda mencegahnya sebelum hal itu terjadi.

    Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mobil karat:

    • Rutin Memberikan Pelumas di Komponen Engsel Bodi Mobil

    Bagian mobil yang paling rentan berkarat adalah bagian engsel pada bodi mobil. Seperti engsel pada pintu mobil. 

    Apabila engsel pintu mobil berkarat, ini akan menghasilkan bunyi yang tidak enak didengar ketika Anda membuka ataupun menutup pintu mobil.

    Supaya engsel mobil tidak mudah berkarat, Anda harus rajin memberikannya pelumas dan melakukan perawatan tersebut secara rutin.

    • Mencuci Mobil Dengan Rutin

    Karat pada bodi mobil akan mudah muncul jika mobil tidak dalam keadaan bersih. Oleh karenanya, jangan biarkan mobil kotor dalam waktu yang lama.

    Usahakan untuk membersihkannya dalam waktu yang rutin. Terlebih ketika mobil habis terguyur air hujan, ada baiknya jika Anda langsung mengguyurnya dengan air keran begitu sampai rumah. 

    • Melapisi Mobil dengan Lapisan Anti Karat

    Melapisi bodi mobil dengan lapisan anti karat akan mencegah mobil karat. Ini adalah cara paling efektif untuk menjaga mobil Anda dari karat yang bisa muncul tanpa sepengetahuan Anda.

    Untuk memperoleh perlindungan yang baik, Anda perlu memilih lapisan anti karat dengan kualitas terbaik. Anda juga bisa menggabungkan beberapa jenis lapisan anti karat untuk memperoleh perlindungan yang maksimal.

    • Tidak Menunda Perbaikan Bodi Mobil

    Apabila pada saat berkendara mobil Anda mendapatkan goresan, jangan menunda untuk memperbaikinya. Karena goresan itu dapat berubah menjadi karat jika dibiarkan.

    Oleh karenanya, untuk mencegah mobil Anda dari karatan ada baiknya jika Anda segera memperbaikinya.

    Cara Menghilangkan Mobil Karat

    Bagaimana jika mobil sudah terlanjur berkarat? Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh supaya karat pada mobil Anda menghilang. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan:

    • Mengoleskan Dempul Pada Bodi Mobil