Berita

    Featured Image

    Tarikan Mobil Berat? Fokuskan Servis ke Bagian Ini

    Ketika mengendarai mobil, bisa jadi muncul kondisi yang tidak diinginkan. Misalnya, tarikan mobil berat dan mengganggu kenyamanan berkendara. Selain itu, jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, bisa saja menyebabkan risiko keselamatan.

    Jadi, jika tarikan mobil mulai terasa berat, sebaiknya segera servis mobil Anda. Lalu, penting untuk dipahami bahwa ada beberapa bagian yang sebaiknya menjadi fokus servis, intip selengkapnya di sini!

    Bagian yang Perlu Diservis ketika Tarikan Mobil Berat

    Tarikan mobil menjadi berat dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya kerusakan pada komponen tertentu. Maka dari itu, untuk memperbaikinya pun perlu melihat dari kerusakan tersebut.

    Di bawah ini adalah beberapa bagian yang perlu menjadi fokus ketika melakukan servis pada mobil yang tarikannya mulai berat. Tentu saja, hal ini perlu disesuaikan dengan masalah yang terjadi pada mobil Anda.

    • Sistem Bahan Bakar

    Ketika sistem bahan bakar pada mobil Anda tidak efisien, maka hal ini dapat menjadikan bahan bakar yang dipakai semakin boros. Selanjutnya, hal ini dapat mengurangi tarikan pada mobil.

    Contoh kondisi yang tidak efisien tersebut yakni ketika injektor mengalami penyumbatan atau bagian karburator yang kotor.

    Maka dari itu, jika tarikan mobil mulai berat, salah satu bagian yang perlu diperiksa dan diservis yakni sistem bahan bakarnya.

    Selain itu, penting untuk melakukan pembersihan bagian injektor secara berkala, supaya tidak tersumbat.

    • Tekanan Ban

    Bagian kedua yang perlu diperiksa yakni ban mobil. Jika tekanan ban kurang, maka mobil akan semakin berat untuk melaju. Selain itu, kondisi ban juga dapat berpengaruh terhadap tarikan mobil.

    Tekanan BanFreepik.com

    Jadi, ketika melakukan pemeriksaan, pastikan untuk melakukan servis pada bagian ini jika memang bermasalah. Selanjutnya, pastikan juga ban selalu dalam tekanan yang pas supaya tidak menyebabkan masalah saat berkendara.

    • Sistem Rem

    Penyebab lain yang dapat membuat tarikan mobil berat yakni rem yang terlalu ketat atau sudah mulai aus. Kondisi tersebut dapat membuat gesekan pada roda menjadi semakin besar dan tarikannya pun makin berat.

    Hal ini menjadikan sistem rem perlu diperhatikan ketika sedang melakukan servis. Pastikan sistem rem berada dalam kondisi baik. Jika memang sudah tidak baik, maka Anda perlu menggantinya, supaya tidak menyebabkan masalah yang lebih serius.

    • Busi

    Jika mobil mengalami permasalahan atau kerusakan di bagian busi, maka hal tersebut tentu dapat berpengaruh terhadap tarikan mobil karena mesin menjadi tidak seimbang.

    Jadi, inilah komponen selanjutnya yang penting untuk diperhatikan ketika Anda melakukan servis mobil.

    • Filter Udara

    Mesin yang tidak seimbang bukan hanya disebabkan oleh kerusakan di bagian busi, melainkan juga bisa saja terjadi masalah di bagian filter udaranya.

    Maka dari itu, lakukan pengecekan yang tepat untuk bagian ini ketika servis, lalu segera perbaiki atau ganti jika memang ada kerusakan.

    • Periksa Oli Mesin dan Ganti sesuai Jadwal

    Selanjutnya, jangan lupa periksa bagian oli, karena jika oli sudah mulai kotor atau kurang, maka tarikan mobil dapat menjadi lebih berat. Hal tersebut disebabkan oleh terjadinya gesekan yang berlebihan di bagian mesin mobil.

    Jadi, jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa oli mesin telah diganti sesuai jadwalnya. Jika Anda melakukan servis, ini juga perlu menjadi fokus pemeriksaan.

    Selain penting untuk mengganti oli sesuai jadwal, oli juga perlu diganti jika memang sudah tampak kotor.

    Itulah berbagai bagian atau komponen mobil yang dapat menjadi fokus servis jika Anda merasa tarikan mobil mulai berat. Tentunya, servis rutin dapat menjadi solusi tepat untuk berbagai permasalahan mobil Anda dan dapat mencegah masalah yang satu ini.

    Setelah memahami informasi tentang solusi untuk tarikan mobil berat, selanjutnya Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi otomotif lainnya di laman suzukitrada.co.id/berita!