Berita

    Selain Google Map dan Waze, 3 Aplikasi Ini Bisa Jadi Alternatif Mempermudah Perjalananmu

    Rampungnya beberapa ruas jalan dalam beberapa tahun terakhir membuat banyak orang yang semakin gemar melakukan road trip dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini karena jalan tol membuat perjalanan menjadi lebih mudah dan lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan jalan non tol.

    Meski demikian, banyaknya jalan tol tersebut tetap harus diimbangi dengan pengetahuan jalan yang mumpuni. Pasalnya, salah masuk atau keluar jalan tol akan menyebabkan perjalanan menjadi lebih lama dibandingkan perkiraan.

    Lantas bagaimana bagi mereka yang kurang memahami jalan-jalan di daerah yang akan dituju? Mempelajari rute melalui GPS bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan pengetahuan akan jalur perjalanan tersebut. Hal ini tidak akan membutuhkan waktu lama namun perlu sedikit ketekunan. Hal ini untuk memastikan tidak terjadi kesalahan pemilihan rute yang akan merugikan waktu, tenaga dan dana dalam perjalanan.

    Dan berikut adalah beberapa pilihan GPS yang bisa dimanfaatkan dalam perjalanan :

    1. Google Maps

    Aplikasi ini adalah yang paling umum untuk digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Selain bisa digunakan pada semua jenis smartphone seperti Android dan iOS, aplikasi ini juga terbilang sederhana dalam pengaplikasiannya.

    Hal ini karena penggunanya hanya perlu menuliskan tujuan perjalanannya dan aplikasi akan langsung memberikan jalur tercepat dan beberapa jalur alternatif yang bisa diambil. Jalur tercepat akan diperlihatkan dengan warna biru sementara jalur alternatif akan berwarna abu-abu. Pengguna tinggal memilih rute mana yang ingin dipilih dan aplikasi akan terus menampilkan rute yang ingin dilalui.

    Google Maps juga akan memberikan informasi perkiraan waktu tempuh perjalanan, titik kemacetan dan jalan mana yang lancar. Tentunya akurasi dari aplikasi ini tidak selamanya tepat tapi terbilang cukup akurat.

          2. Waze

    Aplikasi Waze juga umum menjadi pilihan masyarakat untuk menjadi GPS andalan. Sama seperti Google Maps, aplikasi ini juga bisa digunakan di android dan iOS. Tampilannya juga lebih menarik dibandingkan Google Maps sehingga cocok untuk mereka yang bosan dengan tampilan Google Maps.

    Keunggulan dari Waze adalah para pengguna bisa saling terhubung dan memberitahu kondisi jalan terkini. Tentunya ini akan lebih akurat dibandingkan dengan aplikasi lain yang menggunakan algoritma berbeda dalam menentukan titik kemacetan.

    Tak hanya kondisi jalan, para pengguna juga bisa memberi tahu kondisi-kondisi jalan selain kemacetan. Mulai dari lokasi razia kepolisian hingga penyebab kepadatan yang umumnya tidak bisa ditampilkan pada aplikasi lain.