Berita

    Penyebab Setir Mobil Berat, Bikin Kemudi Sulit Dikontrol

    Apakah Anda pernah mengalami masalah setir mobil berat? Ataukah Anda sering merasakan masalah tersebut?

    Sebagian orang menganggap itu sebagai masalah yang biasa. Namun, akan menjadi masalah yang fatal jika Anda terus mengabaikannya. Sebaiknya Anda mengetahui apa saja penyebab setir mobil terasa berat ketika berkendara. Simak ulasan berikut ini.

    Inilah 5 Penyebab Setir Mobil Berat Saat Berkendara

    Adapun lima penyebab setir mobil yang terasa berat bisa Anda simak pada ulasan berikut ini.

    • Oli Power Steering Habis

    Oli power steering memiliki peranan yang penting untuk membuat setir mobil terasa mudah digerakkan. Karena oli inilah yang berfungsi sebagai pelumas sehingga setir mobil tidak terhambat ketika digunakan.

    Namun, apabila oli power steering pada mobil habis, maka tekanan hidrolik yang tercipta untuk meringankan perputaran setir mobil tidak cukup kuat. Sehingga setir mobil pun akan terasa berat dan sulit ketika digerakkan.

    Ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan oli mobil secara berkala, Anda bisa mengecek ada tidaknya oli di bagian tabung reservoir oli di dalam mesin. Apabila oli dirasa kurang atau kotor, ada baiknya jika Anda segera menggantinya dengan yang baru.

    • Ban Mobil Kempes

    Penyebab kedua yaitu ban mobil yang kempes. Meski ban mobil letaknya berjauhan dengan setir mobil, tetapi ban mobil masih dalam sistem sama dengan power steering

    Sehingga, ketika ban mobil tidak dalam keadaan yang baik bisa mempengaruhi performa setir mobil Anda dan menjadi lebih berat dari keadaan normal. Seperti ketika ban mobil kempes contohnya.

    Ban mobil yang masih satu sistem dengan power steering saat kempes akan membuatnya sulit bergerak, Anda akan merasakan jika setir mobil pun akan terasa lebih berat dan sulit untuk dikontrol.

    Supaya terhindar dari risiko fatal di jalan, ada baiknya jika Anda selalu memeriksa tekanan angin pada ban mobil sebelum menggunakannya.

    • Power Steering Belt Rusak

    Power Steering Belt berfungsi untuk mengatur perputaran pompa oli, baik itu untuk memulai memutar atau menghentikannya. Di mana dari perputaran dari pompa oli akan dihasilkan tekanan hidrolik untuk mempermudah pergerakan setir mobil.

    Apabila belt pada power steering mengalami kerusakan seperti kabelnya yang terputus, hal ini akan menghambat kinerja pompa oli. Sehingga sistem kemudi pada mobil tidak memiliki tekanan hidrolik dan membuat setir mobil berat dari kondisi normal.

    • Pompa Oli Power Steering Mampet