Berita

    Ketahui Ciri-Ciri Ban Tubeless Berkualitas

    Fungsi ban mobil yang sangat krusial membuat Anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli agar tidak salah pilih. Mengingat banyak risiko apabila memilih ban secara sembarangan, salah satu solusi paling tepat adalah membeli ban tubeless berkualitas. 

    Namun jangan asal beli, karena tidak semua ban tanpa tube ini memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, kenali terlebih dahulu apa saja ciri ban tubeless yang berkualitas. Berikut penjelasannya! 

    5 Ciri Ban Tubeless Berkualitas yang Perlu Anda Pahami

    Ban tubeless merupakan jenis ban yang dirancang tanpa menggunakan inner dalam atau tanpa tube. Ada beberapa ciri yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pembelian, berikut diantaranya: 

    • Perhatikan Ketebalan Ban Tubeless

    Ciri pertama yang mudah terlihat saat memilih ban adalah berdasarkan tingkat ketebalannya. Sebab, tiap pabrikan memproduksi ban dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda karena mengikuti permintaan pasar. 

    Untuk ban mobil, sebaiknya pilihlah yang tingkat ketebalannya 50. Sebab, pada tingkatan tersebut ban tubeless memiliki keseimbangan yang baik, terutama jika dipasang pada mobil jenis city car atau mobil penumpang berkapasitas kecil.

    Kondisi ban yang seimbang akan membuat performa mobil menjadi semakin baik dan laju kendaraan juga akan terasa lebih mulus. 

    • Cek Pola Tapak

    Ciri kedua yang harus diperhatikan ketika akan membeli ban tubeless adalah mengecek pola tapak ban. Fungsinya cukup penting, yaitu membantu ban untuk mencengkeram permukaan jalan agar mobil dapat melaju dengan baik. 

    Buat pemilik mobil jenis city car atau mobil yang digunakan di dalam kota, sebaiknya memilih ban tubeless yang memiliki pola tapak berbentuk “V”. Sebab, pola tapak jenis ini memiliki daya cengkeram yang lebih baik. 

    Selain itu, pola tapak “V” juga berfungsi untuk mengurangi risiko selip ketika melewati jalanan yang basah. 

    • Melihat Tahun Produksi Ban Tubeless

    Ciri ketiga yang harus diperhatikan agar mendapatkan ban tubeless berkualitas adalah dengan melihat tahun produksinya. Idealnya, semakin dini (semakin baru) tahun produksi ban, maka kualitasnya akan semakin bagus.