Berita

    Ketahui, Tips Mengatur Sorot Lampu pada Mobil

    Sorot lampu mobil yang tidak pas dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada pengendara lain di jalanan. Karena, jika mobil Anda sorot lampunya terlalu mencolok dan mengarah ke atas akan membuat pengendara di arus balik Anda menjadi silau. 

    Mengganggu pandangan pengendara lain bisa menjadi salah satu sebab adanya kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa sorot lampu pada mobil Anda sudah pas dan tidak terlalu rendah maupun tinggi. 

    Pada artikel yang satu ini, Anda akan mendapatkan informasi dan tips tambahan mengenai cara setting sorot pada lampu mobil. Maka demikian, jangan lewatkan informasi berikut!

    Cara Mengatur Sorot Lampu Mobil

    Agar sorot nyala lampu pada mobil sesuai dengan kebutuhan dan tidak mengganggu kenyamanan, Anda bisa mengetahui dan menerapkan sejumlah tips yang telah kami rangkum di bawah ini!

    • Mengecek Sorot ke Tembok

    Cara pertama dan paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah memarkir kendaraan dan menghadapkannya ke tembok. Lalu, mulailah nyalakan lampu mobil dan di situ akan terlihat bagaimana sorotnya. Apakah sudah pas atau terlalu tinggi maupun terlalu pendek. 

    Anda tidak bisa sembarang melakukannya di tembok mana saja, pasalnya Anda juga harus memperhitungkan pencahayaan di area parkir tersebut. 

    Parkirkan kendaraan di tempat dengan pencahayaan yang redup, sehingga terlihat jelas cahaya dari sorot lampu yang dihasilkan oleh mobil Anda.

    • Mengukur Titik Fokus Sorot Lampu Mobil

    Sejatinya, sorot antara lampu kanan dan kiri haruslah seimbang. Untuk bisa mengeceknya, Anda harus memastikan dengan memberi tanda pada tembok tempat Anda menyorotkan lampu. 

    Beri saja tanda di tembok dengan lakban hitam yang tepat di fokus sorotan. Sehingga dapat diketahui apakah ketinggian lampu sudah seimbang apa belum. Jika tidak, Anda harus segera melakukan pengaturan keseimbangan lampu kembali.

    • Mengatur Secara Mandiri

    Tahukah Anda bahwa Anda bisa mengatur sorot lampu mobil secara mandiri? Caranya adalah dengan membuka kap depan yang melindungi mesin mobil Anda. 

    Di sana, Anda bisa melakukan pengaturan sorot cahaya dengan manual. Namun sebagai catatan, antara satu mobil dengan mobil lainnya biasanya berbeda-beda posisinya. Pakailah senter untuk menemukan posisi pengaturan lampu agar Anda lebih awas.

    • Mengatur Ketinggian Cahaya