Berita

    Kenali Fungsi & Merawat Velg Mobil

    Velg mobil menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari kendaraan roda empat ini. Menjadi salah satu komponen utama pada kendaraan, tentu saja velg memiliki fungsi yang begitu penting. Lantas, apa fungsi yang dimiliki oleh komponen ini?

    Fungsi Velg Mobil

    Salah satu fungsi yang dimiliki oleh velg adalah menambah kegantengan mobil. Mungkin Anda sering melihat pemilik mobil melakukan sejumlah modifikasi velg yang dimilikinya untuk menambah ketampanan mobil. 

    Namun, selain sekedar menambah ketampanan mobil, velg juga berguna untuk memasangkan ban di roda. Kemudian, jari-jari roda memiliki fungsi sebagai penghubung dari tromol roda dan pelek. 

    Jari-jari roda juga berguna sebagai penopang berat kendaraan, serta sebagai penyerap guncangan yang berasal dari permukaan jalan. Untuk desain dari velg sendiri tergantung dari struktur, material, serta metode pembuatan roda dari pabrik. 

    Tips Merawat Velg Pada Mobil

    Setelah mengenal fungsi yang dimiliki velg, berikutnya adalah perawatannya. Pada dasarnya, pemilik mobil harus berhati-hati saat berkendara pada kondisi jalanan yang berlubang. Bila tidak waspada, ban bisa membentur dengan kencang dan akhirnya velg menjadi rusak. 

    Jika sudah rusak dan penyok, velg mobil bukan hanya tidak nyaman dipandang tetapi berbahaya ketika digunakan. Agar hal ini tidak terjadi, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk merawat velg dengan baik, antara lain:

            1. Periksa Velg dengan Baik

    Langkah pertama untuk merawat velg adalah memeriksa secara berkala. Pengecekan velg ini dapat dilakukan setiap minggu. Pastikan melakukan pemeriksaan untuk melihat apakah ukuran velg masih presisi dan tidak bergeser. 

    Bila Anda baru saja melewati lubang yang cukup dalam dan dengan kecepatan tinggi, pastikan segera menepi di pinggir jalan kemudian lakukan pengecekan velg. Jika terdapat perubahan bentuk, segera membawanya ke bengkel terdekat. 

            2. Segera Membawa Velg ke Bengkel Ketika Mengalami Kerusakan

    Velg yang mengalami kerusakan seperti bengkok, harus diperbaiki dengan keterampilan khusus. Bila belum yakin dan masih awam memperbaikinya secara mandiri, lebih baik segera membawa velg ke bengkel resmi.

    Nantinya, velg akan diperbaiki dengan menggunakan mesin. Sehingga velg akan kembali ke dalam bentuk semula serta memiliki hasil maksimal.