Berita

    Jangan Salah Pilih Asuransi Mobil, Berikut Penjelasan Lengkap Tentang Jenis Asuransi Mobil

    Semua orang tentunya menginginkan kendaraan mereka selalu aman dan terhindar dari beragam kemalangan. Namun, kondisi tentunya akan sulit didapatkan khususnya untuk daerah padat khususnya Jakarta. Untuk itu asuransi bisa menjadi sebuah pilihan bijak.

    Sejatinya ada dua jenis asuransi yang bisa dipilih oleh masyarakat asuransi all-risk atau comprehensive dan Total Loss Only. Keduanya tentu bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

    Asuransi all risk menanggung semua risiko yang akan terjadi pada kendaraan. Mulai dari kerusakan ringan, berat hingga kehilangan. Namun asuransi ini memiliki batasan karena ada beberapa pertanggungan yang tidak dilindungi.

    Untuk membuat asuransi ini menjadi lebih digdaya maka pemilik kendaraan harus melakukan perluasan pertanggungan. Perluasan ini meliputi hal-hal yang mungkin terjadi pada mobil yang disebabkan

    ·         Banjir, taifun, badai, dan kerusakan karena air.

    ·         Kerusuhan.

    ·         Gempa Bumi/Tsunami.

    ·         Sabotase/Terorisme.

    ·         Third Party Liability (TPL).

    ·         Kecelakaan Pengemudi.

    ·         Kecelakaan Penumpang.

    ·         Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (TJHP).

    ·         Bengkel Resmi

    Sayangnya harga dari asuransi ini terbilang cukup mahal. Selain itu, tidak semua kendaraan bisa mendapatkan ini karena pihak asuransi biasanya membatasi usia kendaraan. Usia kendaraan yang bisa menikmati asuransi All-risk pada masing-masing perusahaan berbeda-beda.

    Kondisi tersebut berbeda dengan asuransi TLO. Hal ini karena asuransi TLO hanya menjamin risiko akibat terjadinya pencurian atau kerusakan yang perkiraan biaya perbaikannya sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga pertanggungan.

    Umumnya asuransi ini dipilih karena harganya yang jauh lebih murah. Namun pemilik kendaraan masih kurang tenang karena kerusakan-kerusakan kecil tidak terlindungi. Namun, usia kendaraan yang bisa mendapatkan asuransi TLO pun bisa lebih panjang.

    Tips Memilih Asuransi Mobil

    Di Indonesia sendiri saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai keuntungan. Tak ada salahnya untuk melakukan survey pada beberapa perusahaan asuransi sebelum memutuskan memilih yang mana.

    Dan berikut adalah beberapa tips sederhana memilih asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.