Berita

    Ini Dia Penyebab Mobil Mogok dan Begini Cara Mengatasinya

    Mobil mogok saat digunakan mungkin merupakan hal yang paling tidak menyenangkan. Selain mengganggu kelancaran aktivitas kerja, juga membuat pengguna menjadi stres karena harus mencari bantuan hingga harus mengurus perbaikannya ke bengkel. Banyak orang yang kerap mengalami mobil mogok. Hal ini biasanya terjadi karena mobil jarang melakukan perawatan berkala seperti mengganti oli, memeriksakan mesin dan sebagainya. 

    Berikut penyebab-penyebab mobil mogok di jalan

     1. Filter Bahan Bakar Tersumbat

    Filter bahan bakar yang tersumbat, praktis mengganggu suplai bahan bakar ke mesin. Karena itu, bila komponen ini mengalami masalah tersebut maka dipastikan mobil Anda akan mogok. Penyebab filter bensin tersumbat karena kotoran yang ditimbulkan kotoran ada kotoran pada bensin, karena karat pada tangki atau karena bahan bakar yang kotor. Kotoran itu, kemudian terkontaminasi dengan bensin sehingga menyumbat filter.

    Dampaknya bensin yang mengalir ke mesin tidak optimal sehingga kinerja mesin tidak sempurna. Jika dibiarkan terus menerus penyumbatan akan semakin parah dan suplai bensin menjadi sangat berkurang sehingga mobil bisa mogok.

     2. Aki Mobil Rusak

    Mobil sering mogok karena masalah aki soak atau tekor. Aki yang mengalami trouble secara otomatis akan membuat mobil macet dan susah dinyalakan kembali. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya lakukan pengecekan kondisi aki.

    3. Kerusakan Alternator

    Alternator yang bermasalah juga akan membuat mobil mogok. Hal ini terjadi karena ia merupakan komponen penghasil listrik dna penyuplai arus listrik ke komponen listrik lain, termasuk ke aki. Sama seperti aki, jika alternator mobil rusak maka otomatis mobil akan mogok. Alternator yang langsung berhubungan dengan mesin, harus terjaga karena ia menjadi pemasok utama arus listrik. Pasokan energi, yang cukup dari alternator membuat mobil akan normal.

    4. Overheat

    Overheat atau suhu panas berlebihan pada mobil juga bisa mengakibatkan mobil mogok. Bila mobil mengalami overheat, maka dipastikan radiatornya mengalami masalah. Mungkin karena kekurangan air radiator atau komponen ini mengalami kebocoran. Bila mobil overheat dan mogok, Anda harus segera memeriksa air radiator. Bila air radiator kurang maka perlu ditambah sampai pada garis yang ditentukan. Mobil yang overheat bisa menimbulkan rambatan kerusakan pada komponen lain, sehingga sebelum mengemudi pastikan air radiator aman.

    5. Karburator Mobil